​Pampes Sadarkan Warga Pasuruan Berantas Lingkungan Kumuh

​Pampes Sadarkan Warga Pasuruan Berantas Lingkungan Kumuh Dalam rangka Hari Sampah Nasional, Community Pampes Pemuda peduli sampah gelar kebersihan bersama Isteri Bupati Pasuruan Hj. Lulis Irsyad.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Sampah Nasional, Community Pampes Pemuda peduli sampah menggelar kebersihan bersama Istri Bupati Hj. Lulis Irsyad. 

Korlap kebersihan Ahsanul Amali mengatakan bahwa tim Pampes sudah berjalan empat bulan yang lalu. "Sebelumnya dusun kami ini kumuh. Setelah kami mengadakan gerakan alhamdulillah bisa terkondisikan," jelasnya kepada Bangsaonline.com di Dusun Babat, Desa Randu Pitu, Gempol , Jumat (9/2).

Amali menjelaskan terbentuknya Pampes berawal dari kesadaran para pemuda dusun setempat. Mereka menyediakan karung di setiap halaman rumah warga untuk persediaan pembuangan sampah tersebut. 

"Sehingga dengan kesadaran itulah mereka mengajukan kepada FKPL forum komunikasi peduli lingkungan, supaya para pempuda tersebut dibentuk wadah komunitas," ucapnya.

Hal itu direspon baik oleh Ketua FKPL Fatoni yang akhirnya membentuk sebuah komunitas yang diberi nama Pampes.

Amali berencana bahwa sampah tersebut tidak akan dibuang begitu saja, tapi sampah tersebut akan dikemas yang mengarah kepada kemanfaatan. Misal, seperti sampah basah akan dikemas menjadi pupuk dan yang plastik akan diarahkan kepada pengepul untuk diuangkan.  "Dan hasilnya tersebut dimasukan ke kas fasilitas organisasi tersebut," jelas Amali. (afa/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO