​Perang Lawan Narkoba, Puluhan PNS Pemkab Tuban Jalani Tes Urin

​Perang Lawan Narkoba, Puluhan PNS Pemkab Tuban Jalani Tes Urin Puluhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban sedang melakukan tes urin.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Sebagai bentuk keseriusan atas “Perang” melawan Narkoba dan Penyalahgunaan Obat Terlarang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan tes urin kepada puluhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban.

Kali ini, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos) dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) yang menjadi sasaran satuan Pelaksana Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (Satlak P4GN), Kamis (8/2).

Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinsos Kabupaten Tuban Herawati mengatakan ada sekitar 36 orang pegawai Dinsos yang dites urin. “Tes urin ini bukti komitmen sebagai Aparatur Sipil Negara yang baik, baik PNS atau non PNS dites untuk mengetahui keterlibatan terhadap NAPZA atau tidak,” kata Herawati.

Hal yang sama juga disampikan Kepala Dinas Diskoperindag Agus Wijaya. "Tes urine pada PNS merupakan komitmen bersama selaku ASN untuk mendukung gerakan anti Narkoba yang bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Tuban dan embrio dari BNN Kabupaten Tuban," katanya.

“Apabila ada yang positif itu akan menjadikan koreksi diri buat kami, sebanyak 70 pegawai mengikuti tes ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban Hari Sunarno menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen pihaknya untuk memerangi narkoba di Kabupaten Tuban. “Ini wujud nyata dari penerapan Peraturan Daerah (Perda) No. 20 Tahun 2016 tentang Bebas Narkoba,” terang Hari Sunarno.

“Seluruh hasil dari tes ini pertama kali akan dilaporkan kepada Wakil Bupati Tuban selaku Ketua Satlak P4GN,” jelasnya.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, telah dilaksanakan tes serupa pada Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, pimpinan OPD telah melaukan tes urine. Selain itu, tes tersebut juga telah dilaksanakan pada dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Kodim dan BPBD. Untuk hari ini hasilnya masih menunggu. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO