​Ruang Kelas Longsor, Siswa MIN Gedog Belajar di Halaman

​Ruang Kelas Longsor, Siswa MIN Gedog Belajar di Halaman Kelas darurat di MIN Gedog Kota Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Siswa satu kelas di MI Negeri Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, terpaksa melakukan kegiatan belajar di halaman sekolah. Hal itu terpaksa dilakukan karena ruangan kelas empat MIN Gedog tersebut terdampak longsor yang terjadi di plengsengan kali Ngegong tepat dibelakang ruang kelas.

Nanik Dwiyani, kepala sekolah MIN Gedog mengatakan, longsor terjadi Minggu (4/2) lalu setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Blitar. Namun saat itu dampak longsor plengsengan setinggi kurang lebih 15 meter itu belum terlihat sampai ruang kelas.

"Kemudian pada hari Senin (5/2), anak-anak pada teriak longsor-longsor dan mereka langsung lari keluar. Saat kami cek ternyata longsor semakin dekat ruang kelas dan tembok kelas sudah retak-retak, bahkan sebagian pondasi kelas ikut ambrol terbawa longsor," jelas Nanik Dwiyani, Selasa (6/2).

Menurut dia, seluruh siswa terpaksa dipindahkan kegiatan belajarnya di luar ruangan karena dikhawatirkan dampak longsor akan semakin parah dan membahayakan siswa. Pihak sekolah berencana akan memindah kegiatan belajar siswa kelas tiga. Sementara siswa kelas empat akan menggunakan ruangan siswa kelas tiga.

"Siswa kelas tiga rencananya akan kami relokasi sementara ke TPQ di Jalan Dieng, sementara ruang kelas tiga digunakan untuk kelas empat," tuturnya.

Namun pemindahan kegiatan belajar tersebut baru akan dilakukan Senin minggu depan, karena kondisi tempat relokasi masih harus dibersihkan dahulu. "Saat ini masih kita bersihkan ruang kelasnya yang akan kami gunakan untuk relokasi, nanti Senin minggu depan baru bisa digunakan," paparnya.

Sementara, Amalia Zanuba Azzahra salah satu siswa kelas empat MIN, mengakui takut belajar di dalam kelas dan memilih belajar di luar kelas. Namun ia mengaku kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di luar kelas sedikit menganggu konsentrasi belajar.

"Kalau belajar di dalam kelas takut longsor. Tapi kalau di luar seperti sekarang tidak bisa konsentrasi karena ramai," ungkap Amalia Zanuba Azzahra. (ina/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO