​Jalani Tugas Negara, Protokol Harus Tampil Prima

​Jalani Tugas Negara, Protokol Harus Tampil Prima Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi MM ditemani Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Drs. Benny Sampir Wanto M.Si, foto bersama para peserta di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (2/2) siang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Petugas Protokol dalam menjalankan tugas kenegaraan, utamanya mendampingi pimpinan pejabat negara, baik presiden, menteri, gubernur, bupati, dan walikota dituntut mampu tampil prima. Untuk itu, protokol harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam bertugas.

"Tampil prima tidak harus mahal. Namun harus mampu memilih dan memilah pakaian maupun penampilan yang pas dalam bertugas," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi MM saat memberikan pengarahan di acara Sosialisasi Keprotokolan Tingkat Kabupaten/Kota se-Jatim 2018 di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (2/2) siang.

Tuntutan bekerja agar tampil prima, lanjut Akhmad Sukardi, menjadi sebuah keharusan. Berpenampilan menarik, segar, sopan dan tegas menjadi kewajiban yang harus dimiliki seorang protokol. Tak hanya itu, seorang protokol juga harus memiliki kepandaian dalam menyikapi segi berbusana. Tidak harus berlebihan namun sopan dan menarik.

“Jangan lupa, protokol juga wajib memiliki kemampuan berbahasa dengan tekanan dan suara yang baik. Caranya, berbahasa dengan senatural mungkin sehingga terpancar aura yang baik dan enak dipandang,” katanya.

Akhmad Sukardi menekankan agar setiap protokol diharapkan memiliki pengetahuan tentang ketatausahaan dan unsur-unsur manajemen sekaligus menguasai istilah-istilah baru dan bahasa asing.

“Ini penting, terutama untuk melakukan komunikasi yang nantinya akan membuat acara lebih hidup dan ekslusif,” ujarnya.

Dihadapan peserta sosialisasi dari 38 kabupaten/kota, Jatim juga menyampaikan peran seorang protokol dalam menyukseskan sebuah acara kenegaraan. Menurutnya, peran protokol dinilainya sangat penting, dan bahkan menjadi penentu sukses tidaknya sebuah acara. 

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO