​Tinjau Kampung Nelayan, Bupati Tuban Serahkan Bantuan Kapal

​Tinjau Kampung Nelayan, Bupati Tuban Serahkan Bantuan Kapal Bupati Fathul Huda menyerahkan sejumlah bantuan kapal dan beberapa alat tangkap ikan kepada para nelayan di Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam lawatannya ke kampung nelayan di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Bupati Fathul Huda menyerahkan sejumlah bantuan kapal dan beberapa alat tangkap ikan kepada para nelayan setempat.

Bupati berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan nelayan dengan maksimal. “Pendapatan nelayan per hari saat musim ikan mencapai sekitar Rp 150 ribu per orang. Sementara saat sepi turun menjadi Rp 80 ribu per orang. Dengan penghasilan segitu dipastikan mereka tidak mampu membeli kapal sendiri, untuk itu kita bantu semampu kita,” kata Bupati.

Selain memberikan bantuan kapal, dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyempatkan diri mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang, tempat pengepakkan ikan, dan terakhir gudang garam yang berada di Desa Cempokorejo.

Hal yang disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban M. Amenan yang ikut mendampingi Bupati. Ia berharap bantuan kapal bisa membantu nelayan, utamanya yang bekerja sebagai ABK, agar mampu keluar dari garis kemiskinan.

“Sebanyak 10 kapal kita berikan, kita bagikan kepada nelayan di Kecamatan Tambakboyo, Palang, dan Tuban,” jelas Amenan.

Karena sifatnya hibah, program bantuan kapal tersebut akan dilakukan secara bertahap. Di tahun 2018 ini rencananya akan disalurkan sebanyak 40 buah kapal kepada para nelayan. “Per kapal dengan harga sekitar Rp 50 juta lengkap dengan mesinnya,” pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO