​NasDem Jatim Optimis Lolos Verifikasi Faktual KPU

​NasDem Jatim Optimis Lolos Verifikasi Faktual KPU Verifikasi faktual KPU Jatim yang disaksikan Komisioner Bawaslu Jatim di DPW Partai NasDem Jatim. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan verifikasi faktual terhadap partai-partai politik di Jatim, salah satunya Partai NasDem. Terkait verifikasi faktual itu, Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna optimis NasDem lolos verifikasi faktual yang dilakukan KPU Jatim.

Keyakinan Bupati Malang itu bukan tanpa alasan, karena tiga syarat yang diwajibkan KPU dalam verifikasi faktual bisa dipenuhi NasDem. Tiga syarat itu adalah, status kantor, personalia pengurus dan 30 persen kerterwakilan perempuan.

"Kami optimis lolos verifikasi faktual, karena semua syarat bisa kami penuhi. Semua pengurus pun hadir di kantor DPW sehingga pihak KPU bisa memverifikasi secara langsung," ujar Rendra, Minggu (27/1).

Orang nomor satu di Partai NasDem Jatim ini mengungkapkan, pihaknya tak mengalami kendala terkait verifikasi yang dilakukan KPU. Baik itu verifikasi administratif maupun faktual. Soal Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dikeluhkan sejumlah partai, Rendra mengaku tak ada masalah dengan SIPOL.

Menurutnya, pasca verifikasi faktual pihaknya akan menata struktur partai di bawah dan menyusun bakal calon anggota legislatif yang dipersiapkan untuk pemilu legislatif tahun 2019. Pihaknya akan memprioritaskan caleg yang berkualitas agar bisa menghidupkan mesin partai karena NasDem menargetkan tiga besar di Jawa Timur.

"Di NasDem jelas tidak ada mahar politik, karena itu yang diprioritaskan caleg berkualitas dan punya integritas. Karena kita menargetkan 3 besar di Jatim," tutur politisi berdarah Pamekasan itu.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengaku pihaknya sudah melakukan verifikasi faktual. Seluruh dokumentasi dan personlia partai juga di inventarisir secara langsung. Secara umum semua persyaratan sudah cukup. Namun dirinya belum bisa memutuskan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Sebab, semua hasil verifikasi dan dokumen akan dibahas lewat pleno.

"Semua hasil verifikasi faktual parpol hari ini, termasuk NasDem belum bisa kami putuskan hasilnya. Kami akan pleno dulu sebelum memutuskan. Kalau pun ada yang kurang lengkap masih bisa dilengkapi di masa perbaikan, " imbuh alumni HMI Malang ini.

Dalam verifikasi faktual di DPW Partai NasDem seluruh Komisioner KPU Jatim hadir minus Gogot Cahyo Baskoro yang sedang sakit. Ketua Bawaslu Jatim, Mohammad Amin dan Komisioner Bawaslu Aang Kunaifi juga ikut mengawasi jalannya verifikasi faktual. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO