Senin, 27 Mei 2019 11:06

​Beri Beasiswa Ribuan Santri; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (4)

Sabtu, 13 Januari 2018 12:25 WIB
Wartawan: -
​Beri Beasiswa Ribuan Santri; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (4)
KH Asep Saifuddin Chalim sebagai ketua umum Pergunu bersama Rais Am Syuriah PBNU KH Ma'ruf Amin dalam acara Pergunu. Foto: dok. PP Amantul Ummah

BANGSAONLINE.com - Kiai Asep dikenal sebagai kiai dermawan dan banyak bersedekah. Semua tamu yang diundang ke ndalemnya, baik di Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Surabaya maupun Pacet Mojokerto, selalu disedekahi uang dan sarung. Ia berpegang kepada hadits Rasulullah SAW yang intinya; Allah SWT berjanji akan melipatgandakan rejeki orang yang suka bersedekah. ”Kalau Allah sudah berjanji pasti ditepati dan kita akan diberi rejeki yang lebih banyak dan lebih baik,” katanya.

Selain uang, Kiai Asep juga sedekah makanan, sarung dan sajadah.

Kiai Asep juga banyak memberi beasiswa terhadap para santrinya. ”Sudah ribuan santri yang saya beri beasiswa,” katanya.

Beasiswa itu ada kalanya ke luar negeri seperti Maroko, Australia, Mesir, Jepang, Amerika, Turki, dan sebagainya. Namun banyak juga yang diberi beasiswa untuk belajar di perguruan tinggi dalam negeri.

Umumnya mereka santri yang cerdas dan pintar. ”Banyak yang S-2 dan S-3,” kata Ketua Umum Persatuan Guru NU (Pergunu) ini.

Mochtar, salah satu wali santri asal Banyuwangi kepada bangsaonline.com menuturkan bahwa anaknya juga dapat beasiswa dari Pesantren Amanatul Ummah. Ia menuturkan bahwa anaknya kuliah di sebuah perguruan tinggi di Maroko.

”Anak saya kerasan di Maroko. Sudah dua tahun tak pulang. Sekarang mau meneruskan S-2 di Maroko,” tuturnya kepada bangsaonline.com di Banyuwangi.

Menurut Kiai Asep, santri dan alumni Pesantren Amanatul Ummah di Banyuwangi mencapai ribuan. ”Ada sekitar 2000-an,” ungkapnya.

Para wali santri Amanatul Ummah di Banyuwangi sangat loyal. Apalagi mereka banyak dari kelas ekonomi menengah ke atas. Bahkan ada wali santri yang punya 3 hotel. Kebetulan belum lama ini Kiai Asep menggelar diklat untuk pemenangan Khofifah yang diikuti ratusan peserta di Banyuwangi.

”Acara ini juga dibantu wali santri. Kalau saya ada acara di Banyuwangi mereka pasti memfasilitasi. Seperti sekarang ini memreka menyiapkan hotel, konsumsi dan trasportasi sampai ratusan juta,” katanya.

Kiai Asep sendiri mengaku banyak memiliki tanah di Banyuwangi. ”Ada juga kebun kelapa. Tapi saya suruh tangani wali santri. Hasilnya saya berikan mereka,” katanya. Rencananya, salah satu bidang tanah milik Kiai Asep di Banyuwangi mau dibangun Gedung Amanatul Ummah untuk acara-acara pertemuan dan penginapan. (bersambung)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...