Minggu, 21 Oktober 2018 14:07

​Beri Beasiswa Ribuan Santri; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (4)

Sabtu, 13 Januari 2018 12:25 WIB
Wartawan: -
​Beri Beasiswa Ribuan Santri; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (4)
KH Asep Saifuddin Chalim sebagai ketua umum Pergunu bersama Rais Am Syuriah PBNU KH Ma'ruf Amin dalam acara Pergunu. Foto: dok. PP Amantul Ummah

BANGSAONLINE.com - Kiai Asep dikenal sebagai kiai dermawan dan banyak bersedekah. Semua tamu yang diundang ke ndalemnya, baik di Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Surabaya maupun Pacet Mojokerto, selalu disedekahi uang dan sarung. Ia berpegang kepada hadits Rasulullah SAW yang intinya; Allah SWT berjanji akan melipatgandakan rejeki orang yang suka bersedekah. ”Kalau Allah sudah berjanji pasti ditepati dan kita akan diberi rejeki yang lebih banyak dan lebih baik,” katanya.

Selain uang, Kiai Asep juga sedekah makanan, sarung dan sajadah.

Kiai Asep juga banyak memberi beasiswa terhadap para santrinya. ”Sudah ribuan santri yang saya beri beasiswa,” katanya.

Beasiswa itu ada kalanya ke luar negeri seperti Maroko, Australia, Mesir, Jepang, Amerika, Turki, dan sebagainya. Namun banyak juga yang diberi beasiswa untuk belajar di perguruan tinggi dalam negeri.

Umumnya mereka santri yang cerdas dan pintar. ”Banyak yang S-2 dan S-3,” kata Ketua Umum Persatuan Guru NU (Pergunu) ini.

Mochtar, salah satu wali santri asal Banyuwangi kepada bangsaonline.com menuturkan bahwa anaknya juga dapat beasiswa dari Pesantren Amanatul Ummah. Ia menuturkan bahwa anaknya kuliah di sebuah perguruan tinggi di Maroko.

”Anak saya kerasan di Maroko. Sudah dua tahun tak pulang. Sekarang mau meneruskan S-2 di Maroko,” tuturnya kepada bangsaonline.com di Banyuwangi.

Menurut Kiai Asep, santri dan alumni Pesantren Amanatul Ummah di Banyuwangi mencapai ribuan. ”Ada sekitar 2000-an,” ungkapnya.

Para wali santri Amanatul Ummah di Banyuwangi sangat loyal. Apalagi mereka banyak dari kelas ekonomi menengah ke atas. Bahkan ada wali santri yang punya 3 hotel. Kebetulan belum lama ini Kiai Asep menggelar diklat untuk pemenangan Khofifah yang diikuti ratusan peserta di Banyuwangi.

”Acara ini juga dibantu wali santri. Kalau saya ada acara di Banyuwangi mereka pasti memfasilitasi. Seperti sekarang ini memreka menyiapkan hotel, konsumsi dan trasportasi sampai ratusan juta,” katanya.

Kiai Asep sendiri mengaku banyak memiliki tanah di Banyuwangi. ”Ada juga kebun kelapa. Tapi saya suruh tangani wali santri. Hasilnya saya berikan mereka,” katanya. Rencananya, salah satu bidang tanah milik Kiai Asep di Banyuwangi mau dibangun Gedung Amanatul Ummah untuk acara-acara pertemuan dan penginapan. (bersambung)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...