Tanya-Jawab Islam: MTA Hukumi Baca Yasin Bersama-sama Bidah, Bagaimana Hukum Sebenarnya?

Tanya-Jawab Islam: MTA Hukumi Baca Yasin Bersama-sama Bidah, Bagaimana Hukum Sebenarnya? Dr. KH. Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak Kiai, bagaimana menurut Kiai tetang ajaran yang disampaikan oleh majelis tersebut (MTA). Sebab, gara-gara sering nonton acara tersebut ada orang yang sebelumnya rajin ikut yasinan dan wirid bersama sekarang berhenti. Dia bilang baca Yasin bersama bidah. Mohon penjelasanya. Wa allaikum salam. (Supriyanto, Surabaya).

Jawaban:

MTA (Majelis Tafsir Alquran) adalah sebuah kelompok yang mengajak pada kajian-kajian Islam agar dikembalikan semua hukumnya kepada Alquran. Dan kelompok ini berpusat di Surakarta. Maka, melihat dasar kelompok atau organisasi ini dapat dikatakan baik, sebab mengajak untuk mengkaji dan mendalami Islam. Islam mengajarkan untuk menilai kegiatannya bukan orang atau kelompoknya, jadi jika ditanya bagaimana MTA maka itu baik sebab mengajak kepada ngaji dan kajian Islam.

Namun, jika isi dan kajian itu bertentangan dengan hukum Islam, maka yang ditentang adalah isi dan kajian tersebut saja. Sebab, di dalam MTA tentunya hukum dan penjelasan yang benar dan sesuai dengan hukum Islam dan penjelasan jumhur ulama juga banyak yang benar, dan itu juga harus diapresiasi baik. Namun, jika beberapa poin itu tidak benar, maka harus kita katakan tidak benar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO