Kamis, 26 April 2018 11:02

Pererat Hubungan dengan SMK Dongli Tianjin China, SMK PGRI 2 Ponorogo Pasang Big Screen TV

Rabu, 13 Desember 2017 01:44 WIB
Wartawan: Yudi Arianto
Pererat Hubungan dengan SMK Dongli Tianjin China, SMK PGRI 2 Ponorogo Pasang Big Screen TV
Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno bersama Executive Director Exchange Center Jasper Ho, Kepala SMK PGRI 2 serta Kepala SMK Dongli Mrs. Liu Ping, saat memotong pita tanda dibukanya peluncuran Laban Workshop di SMK PGRI 2, Selasa (12/12). Foto: IST

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Sekitar Rp 6 miliar digelontorkan oleh Pemerintah Tianjin, Tiongkok kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 2 Kabupaten Ponorogo, Selasa (12/12) sore. Pemberian bantuan berupa barang itu diberikan oleh Sekolah Pusat Pendidikan Kejuruan Dongli, Distrik Tianjin, Tiongkok atas kunjungan dari SMK PGRI 2 beberapa waktu lalu ke sekolah tersebut.

Dari kunjungan itu mereka melihat peralatan yang ada di situ dan cocok baru membuat MoU. Barang-barang itu berupa drone, robotic, otomation, big screen TV (display) dan lain sebagainya itu diberikan secara gratis oleh pihak SMK Dongli Tianjin.

"Display bisa realtime pakai internet. Kalau guru-guru ada kelas di Tianjin bisa dilihat di sini (SMK PGRI 2, red) begitu juga sebaliknya," ungkap Executive Director East Java Exchange Center In Tianjin China Jasper Ho kepada BANGSAONLINE.

Terpilihnya SMK PGRI 2 itu Jasper mengaku, atas rekomendasi dari Dinas Pendidikan Jatim. Mereka menilai sekolah tersebut mempunyai potensi untuk berkembang dilihat dari berbagai prestasi yang berhasil diraih di berbagai lomba.

Pemberian bantuan tersebut juga tidak terlepas dari program pertukaran siswa (student exchange) yang sudah lama terjalin antara kedua lembaga pendidikan vokasi beda negara tersebut.
"Dengan policy baru, Tianjin setiap tahunnya akan memberikan beasiswa pendidikan kepada Jatim untuk belajar ke China," pungkas Senior Adviser East Java Provincial Government itu.

Sementara itu, Kepala SMK PGRI 2 Kab Ponorogo Syamhadi Arifin menjelaskan, dipilihnya barang-barang berupa robotic, drone dan lain sebagainya itu bertujuan untuk pembelajaran kepada para siswanya. "Kita diajari cara merakit robot, drone serta servisnya. Termasuk juga memprogram sebuah hp android," terang Syam.

Ia menambahkan bahwa tahun depan akan mengirimkan sebanyak enam orang guru berikut 20 siswa untuk belajar ilmu tambahan. "Masih ada peralatan-peralatan yang akan datang di sesi berikutnya ini," ungkapnya. 

Dirinya berharap, lewat Luban Workshop yang berdiri di sekolahnya itu bisa mengangkat kualitas guru dan murid di masa mendatang. Selain itu, tempat pelatihan tersebut bisa menjadi pusat pelatihan modern di Jatim. "Dan saya berharap bisa mencetak murid dan guru kreatif dan inovatif. Hingga bisa ikut lomba di tingkat internasional," harapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Dongli Mrs. Liu Ping, mewakili pemerintahannya menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kerjasama tersebut. Proses kerjasama ini dinilainya sebagai sebuah sejarah. 

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Bakorwil Madiun Poppy Hariyati, Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno serta 10 delegasi Tianjin China yang dipimpin Vice President of Mrs. Liu Ping, didampingi Executive Director Exchange Center Jasper Ho. (ian/rev)

Rabu, 25 April 2018 00:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA terus diselenggarakan dan saya selalu membanding di kala bertandang di banyak negara Asia, Eropa maupun Timur Tengah. Pergantian kepala daerah memang banyak mengeluarkan ongkos dan perubahan di mana-mana terus dikamp...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...