Pendiri Go-Jek Masuk Orang Terkaya, Inilah Daftar 50 Orang Indonesia Terkaya

Pendiri Go-Jek Masuk Orang Terkaya, Inilah Daftar 50 Orang Indonesia Terkaya Nadiem Makarim. Foto: Antara

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dari tahun ke tahun ternyata orang terkaya Indonesia tetap berputar di kalangan para alias konglomerat etnis . Seperti dilansir majalan Forbes, 50 orang terkaya di Indonesia kini memiliki harta kekayaan mencapai Rp 1.700 triliun (US$ 126 miliar). Jadi kekayaan mereka separuh lebih APBN 2017 yakni Rp 2.080 triliun.

Mengutip Forbes, Tempo melansir bahwa Harta sejumlah orang terkaya Indonesia melesat melampaui tahun lalu. Total kekayaan Budi dan Michael Hartono, misalnya, kini mencapai Rp 436 triliun (US$ 32,3 miliar). Jadi kekayaan mereka dua kali lipat dari kekayaan mereka tahun lalu yang saat itu jumlahnya US$ 17,1 miliar.

Chief Editorial Advisor Forbes Indonesia Justin Doebele menyebut bahwa untuk pertama kalinya, total harta kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia lebih dari US$ 100 miliar.

Memang total kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia bila dijumlahkan semua mencapai Rp 1.701 triliun (US$ 126 miliar). Padahal pada 2016, total kekayaan mereka US$ 99 miliar.

Yang menarik, Forbes menganalisis bahwa melonjaknya kekayaan mereka juga karena faktor harga saham yang naik dan program tax amnesty. Program ini membuat orang-orang kaya mendeklarasikan hartanya yang dulu tersembunyi.

Yang menarik, Nadiem Makarim, 33 tahun, yang mendirikan Go-Jek pada 2010 masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia . Ia mengembangkan bisnis transportasi ojek tradisional menjadi layanan berbasis aplikasi melalui telepon pintar.

Pada Agustus 2016, perusahaannya mendapat pembiayaan US$ 550 juta dari investor dengan valuasi senilai US$ 1,3 miliar. Aplikasi Go-Jek digunakan di 50 kota. Aplikasi pendukung ini sedang dalam tahap memperoleh pendanaan sebesar US$ 1,2 miliar dari perusahaan raksasa Cina dengan total nilai US$ 3 miliar.

Nadiem Makarim mengantongi gelar MBA dari Harvard University sebelum merintis Go-Jek. Ia pernah bekerja di firma konsultan McKinsey.

Berikut daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes: (Urutan, Nama, Kekayaan, Umur, Usaha)

1 Budi dan Michael Hartono $32,3 miliar 67 Djarum
2 Eka Tjipta Widjaja $9,1 miliar 94 Sinar Mas
3 Susilo Wonowidjojo $8,8 miliar 61 Gudang Garam
4 Anthoni Salim $6,9 miliar 68 Salim Group
5 Sri Prakash Lohia $6,4 miliar 65 Indorama

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO