Minggu, 19 Agustus 2018 10:51

Ustadzah Nina Handayani Minta Maaf Salah Tulis Ayat Al-Quran saat Ceramah di Metro TV

Selasa, 05 Desember 2017 18:28 WIB
Wartawan: Tim
Ustadzah Nina Handayani Minta Maaf Salah Tulis Ayat Al-Quran saat Ceramah di Metro TV
Foto Ustadzah Nani Handayani yang keliru fatal menuliskan ayat Al-Quran yang kini viral dalam media sosial

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Ustadzah Nani Handayani disebut-sebut melakukan kesalahan fatal dalam penulisan ayat al-Quran saat berceramah di Metro TV dalam program Syiar Kemuliaan. Nani yang disebut-sebut sebagai kader senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tertangkap dua kali salah penulisan ayat al-Quran dalam layar Metro TV.

Kesalahan itu ditengarai bukan disengaja tapi diduga dia memang belum bisa menuliskan huruf arab secara benar. Kesalahan fatal itu saat penulisan ayat al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi: Laqad kaana lakum fii rasulillahi uswatun hasanah

Dalam tulisan itu tertulis secara tidak benar baik dalam persepektif tajwid maupun gramatika Arabnya.

Begitu juga saat penulisan ayat al-Quran Surat Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi; Inna sholata tanha ‘anil fahsya wal munkar.

Kesalahan fatal penceramah yang disebut sebagai Super Ustadzah ini tentu saja menuai kritik dan protes netizen. Mereka selain mencerca Metro TV yang dianggap tak selektif menampilkan penceramah agama, juga membully Nani Handayani tak paham agama. Mereka menyarankan agar Nani Handayani belajar agama Islam dulu secara benar atau nyantri dulu di pesantren sebelum berdakwah agar tak memalukan di depan masyarakat.

”Maaf ibu Ustadzah.... melihat kesalahan terjadi bkn hanya 1x... Saya sbg orang awam malah bertanya2 apakah ini ketidaksengajaan atau ketidaktahuan..?” tulis netizen.

”Saran saya, sebaiknya ibu belajar lagi sama kyai/ustadz dari pesantren, jangan dari terjemahan. Ilmu itu ada gurunya, tidak bisa dipelajari sendiri. Semoga jadi pelajaran. Mohon maaf,” tulis netizen lain.

Lalu bagaimana tanggapan Nani Handayani? Melalui akun Twitter-nya, @handayani_nani, dia mengunggah video pernyataan klarifikasinya pada pukul 09.41 WIB, Selasa, 5 Desember 2017.

Dalam video berdurasi 1.03 detik itu, Nani meminta maaf atas kekhilafannya; tak sedikit pun unsur kesengajaan.

"Mohon ampun kepada Allah, mohon maaf kepada guru-guru, ustaz-ustazah, dan juga kepada semua umat Islam. Apa yang terjadi di acara Metro TV adalah sebuah kesalahan yang manusiawi dan sama sekali tidak pernah diniatkan untuk melakukan kesalahan yang disengaja--saya mohon ampun."

"Mohon ampun kepada Allah dan mohon ampun kepada semua umat Islam, semoga ini tidak akan terulang lagi, dan saya akan terus banyak belajar, dan berhati-hati dalam berdakwah," ujarnya.

Namun netizen menyarankan Nani Handyani tidak minta maaf di twitter tapi juga langsung di Metro TV. (tim)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...