Peringati 10 November, Kapolres Batu Usul Tiga Nama Pejuang Polisi Jadi Pahlawan Nasional

Peringati 10 November, Kapolres Batu Usul Tiga Nama Pejuang Polisi Jadi Pahlawan Nasional Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto pimpin langsung prosesi upacara tabur bunga bersama Forkopimdan Pemkot Batu, Plt Walikota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Kejaksaan Negeri Kota Batu diwakili Kajari Batu Nur Chusniah, Kodim 0818 Mayor Inf Budi Santoso dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Jumat (10/11).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Peringati , Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto memimpin langsung prosesi upacara penaburan bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Batu. 

Plt Walikota Batu, Punjul Santoso mengatakan akan tetap menfasilitasi sekaligus memperhatikan jasa dan jerih payah para pejuang baik yang sudah gugur di medan perang hingga yang masih ada saat ini.

"Karena usulan apapun dari masyarakat pada pemkot tidak akan bisa terlaksanana bila tidak disetujui oleh Dewan. Kami bersama ketua dewan Kota Batu dan forkompinda, terkait dengan Veteran sudah sangat memperhatikan. Bahkan yang tidak memiliki rumah sudah diberikan begitu pula dengan lainnya," ucapnya.

Terkait usulan Kapolres Batu, Punjul akan mengamini Pejuang Polri Katjong Permasi diangkat sebagai Pahlawan Nasional. Nantinya, akan diukir namanya di kawasan Polres Batu mengganti nama Jalan Bhayangkara dengan Katjong Permadi.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo yang mengaku sudah sebulan lalu menerima usulan Kapolres tersebut. Selain Katjong Permadi, ada dua nama lainnya yakni, Sudjadi dan Feril yang akan diabadikan pada nama jalan.

"Jangan sampai kita sebagai generasi lupa sejarah untuk pejuang Polisi ketigannya akan diangkat sebagai pahlawan Nasional secepatnya," imbuhnya.

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto menambahkan agar ketiga Pejuang Polisi yang gugur melawan penjajah di Pujon Kabupaten Malang yang sekarang masuk wilayah hukum Polres itu bisa memasukan nama ketigannya sebagai pahlawan Nasional.

"Dengan mengangkat nilai perjuangan pahlawan Polisi yang ketigannya gugur di medan juang saat melawan serangan ageresi Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948 agen polisi tingkat III Katjong Permadi, Sudjadi dan Feril," tandasnya. (bt1/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO