Sembilan Pendaki Kelud yang Sempat Terjebak Ternyata Langgar Aturan Pendakian

Sembilan Pendaki Kelud yang Sempat Terjebak Ternyata Langgar Aturan Pendakian Proses evakuasi pendaki yang sempat terjebak cuaca buruk di Gunung Kelud. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sembilan pendaki gunung Kelud yang sempat terjebak cuaca buruk di puncak Gunung Kelud ternyata melanggar aturan pendakian. Hal itu ditegaskan Bambang widianto KRPH Gandusari.

Menurutnya, sebelum melakukan pendakian, sembilan pendaki sudah diingatkan dan diimbau agar tidak ke kawah di atas jam 12.00 wib, karena curah hujan cukup tinggi dan pasti berkabut. Sedangkan medan menuju ke kawah dari pos tiga juga sangat ekstrem.

"Sebelum jam 12 seharusnya mereka sudah kembali turun karena memang di sana kalau di atas jam 12 cuacanya ekstrim. Ditambah dengan kabut tebal dan medan yang ekstrem. Nah kesembilan pendaki ini informasinya menuju kawah sudah jam 2 siang," ungkap Bambang Widianto, Selasa (7/11).

Pasca kejadian, pihaknya mengaku akan semakin menertibkan pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak Kelud. Pasalnya pasca kejadian itu juga baru diketahui salah satu pendaki memiliki riwayat sakit asma.

"Temannya yang sesama pendaki saja tidak tahu kalau salah satu dari mereka ada riwayat asma, apalagi kami. Untuk itulah kami imbau agar pendaki selalu terbuka kepada petugas," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...