Sempat Terjebak Cuaca, Sembilan Pendaki Gunung Kelud Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Sempat Terjebak Cuaca, Sembilan Pendaki Gunung Kelud Akhirnya Berhasil Dievakuasi Salah satu pendaki Gunung Kelud yang sempat terjebak cuaca melakukan pemeriksaan kesehatan di pos pendakian Tulungrejo Gandusari. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sembilan pendaki gunung Kelud yang sebelumnya terjebak cuaca buruk akhirnya berhasil dievakuasi. Sembilan pendaki itu yakni Ani Puji warga Mojokerto, Santi warga Mojokerto, Niswa warga Lamongan, Raka dan Nani warga Sidoarjo, Agus warga Tuban, Andriano, dan Arik Suefendi warga Desa Kruwuk, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Andriano dan Arik Suefendi merupakan kakak beradik yang mengantar ketujuh pendaki lainnya untuk melakukan pendakian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tujuh pendaki dievakuasi melalui jalur pendakian Ngancar Kediri. Sedangkan dua lainnya dievakuasi melalui jalur pendakian Tulungrejo, Kecamatan Gandusari. Meski masih terlihat lemas, namun dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan semuanya dinyatakan sehat, dan hanya mengalami kecapekan.

Adik Suefendi salah satu pendaki mengatakan sebelumnya dirinya tidak menemukan kendala mulai pendakian hingga ke puncak. Rombongan berhasil mencapai puncak sekitar pukul 16.00 wib, dan berencana langsung kembali turun.

Namun di tengah perjalanan, salah satu pendaki bernama Nani, terkilir hingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Ditambah dua pendaki perempuan lainnya mengalami hipotermia dan sesak nafas.

"Mulai di situ kami semua sudah kebingungan karena kondisi hujan deras, sedangkan bekal semuanya ditinggal di pos tiga," cerita Arik Suefendi ditemui di pos pendakian Tulungrejo Gandusari, Selasa (7/11) siang.

Simak berita selengkapnya ...