​Peringati HUT, Pemkab Pamekasan Gelar Haul Raja Ronggosukowati

​Peringati HUT, Pemkab Pamekasan Gelar Haul Raja Ronggosukowati Suasana pada saat acara Haul Ronggosukowati Ronggosukowati.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Jadi yang ke-487, Pemkab Pamekasan menggelar Haul Panembahan Raja Ronggosukowati, Kamis (2/11). Pelaksanaan haul Ronggosukowati kali ini digelar langsung di area makam Ronggosukowati di Desa Kolpajung, Kecamatan Kota Pamekasan.

Dalam sambutan Wakil Bupati Pamekasan Khalil As'yari yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fadilatul Jannah SH, MM menyebutkan, acara tersebut dilaksanakan sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT terhadap Kabupaten Pamekasan.

Khalil menambahkan, Haul Ronggosukowati itu juga mengajak seluruh masyarakat pamekasan untuk terus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. "Sejarah Ronggosukowati tidak bisa lepas dari kabupaten Pamekasan dan acuan untuk hati jadi kabupaten gerbang salam," tuturnya, Kamis (2/11).

Wakil bupati juga berpesan untuk selalu menjaga ibadah kita terutama sholat. "Karena hal tersebut yang akan mempertemukan kita," pungkasnya.

Hadir dalam Haul Ronggosukowati tersebut Forkopimda, Kepala SKPD, para kiai serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar Kolpajung. Akhir acara dilakukan ziarah ke makam Raja Ronggosukowati dan istrinya oleh forkopimda dan tokoh masyarakat dan para ulama. 

Perlu diketahui, Ronggosukowati dikenal sebagai raja yang mampu membuat nama Pamekasan terkenal dan juga raja pertama yang terang-terangan mengembangkan agama Islam di keraton dan rakyat Pamekasan pada saat itu. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO