Antar Pasien Sesak Nafas, Gus Ipul Batalkan Agenda ke RS Apung Airlangga

Antar Pasien Sesak Nafas, Gus Ipul Batalkan Agenda ke RS Apung Airlangga Wagub Jatim Saifullah Yusuf menemui salah satu penumpang kapal cepat ekspress bahari yang sedang mengalami sakit asma. Foto: YUDI/BANGSAONLINE

BAWEAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf dikagetkan dengan informasi adanya salah satu masyarakat atau pasien yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan untuk dirujuk ke rumah sakit di Kabupaten Gresik. 

Mendengar kabar tersebut, sontak membuat Gus Ipul membatalkan dua agenda kunjungan kerjannya di salah satu rumah sakit di Pulau dan Rumah Sakit Apung Ksatria Airlangga (kapal milik Ika Airlangga yang sedang sandar di yang ikut memeriahkan acara penutupan festival budaya, red). 

Sesampainya di dalam kapal cepat, Gus Ipul langsung menemui pasien dan berdialog dengan tim medis yang mendampingi dan keluarga dari Pulau menuju ke dermaga pelabuhan di Gresik. 

"Saya kaget mendengar bahwa ada masyarakat yang akan dirujuk ke rumah sakit di Kabupaten Gresik. Padahal, fasilitas kesehatan di Pulau sudah tergolong lengkap fasilitasnya. Namun, karena mungkin panik sehingga keluarga ingin membawa pasien langsung ke Rumah Sakit di Gresik," ujarnya. 

Setelah mengunjungi pasien yang diindikasikan mengalami sesak nafas akut tersebut, Gus Ipul akan berkoordinasi bersama Pemkab setempat untuk mempercepat izin beroperasinya rumah sakit di Pulau ini. 

"RSUD dr Soetomo dan Universitas Airlangga akan siap membantu, mensupport, mendampingi sekaligus memberi bantuan kesehatan yang diperlukan. Masyarakat Pulau bisa memanfaatkan rumah sakit apung yang bisa melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Namun kapal ini sifatnya darurat. Sementara, layanan kesehatan yang ringan bisa terlayani oleh Puskesmas setempat," terangnya. 

Gus Ipul berharap, rumah sakit di ini segera beroperasi secara penuh yang dilengkapi oleh sarana dan prasarana serta dokter yang memadai. Hal itu, sejalan dengan upaya pemerintah menjadikan Pulau sebagai daerah destinasi wisata unggulan di Jatim, khususnya Kabupaten Gresik. (ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO