​PPP Usulkan Fandi Utomo dan Musyaffa' Noer Dampingi Khofifah

​PPP Usulkan Fandi Utomo dan Musyaffa Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat bertemu dengan Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa dalam acara halal bihalal PC Muslimat NU Kota Surabaya. Foto: DOK/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Wakil Sekretaris Jenderal DPP PPP Achmad Baidhowi mengatakan, ada dua nama sebagai pendamping Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang.

"Di internal PPP ada dua nama yang akan diusulkan menjadi pendamping Khofifah sebagai Wakil Gubernur. Pertama adalah Musyaffa' Noer (Ketua DPW ) dari jalur internal dan Fandi Utomo (Wakil Ketua Komisi II DPR RI) dari jalur eksternal, Dua nama ini sudah menjadi bahasan," kata Anggota DPR RI dari Dapil Madura, Kamis (19/10).

Ia menjelaskan, dua nama itu sedang digodok di DPP. Karena, kewenangan Pilgub ada ditingkat pusat. Kata pria yang akrab disapa Awi ini, nama Musyaffa' Noer merupakan representasi kader dari PPP. Sedangkan, dipilihnya nama Fandi Utomo karena merupakan representasi dari kalangan nasionalis.

Kata Awi, rekam jejak Fandi Utomo sebagai legislator Partai Demokrat banyak bersentuhan dengan kalangan nasionalis. Selain sebagai aktivis dari GMNI yang bersangkutan juga dekat dengan kalangan Nahdhliyyin. Salah satunya pernah menjabat sebagai Mustasyar PCNU Surabaya.

"Artinya, dari sisi kalangan nasionalis, Fandi Utomo sangat tepat untuk mendampingi Khofifah. Jawa Timur memang harus dipimpin oleh kombinasi santri-nasionalis. Karena ini merepresentasikan kultur Jawa Timur," katanya.

Kemudian, berbicara soal basis, kawasan Mataraman yang kental dengan kalangan nasionalis sangat menentukan arah kepemimpinan Jawa Timur untuk lima tahun ke depan. Fandi Utomo kelahiran Mojokerto. Tentunya, memiliki jaringan yang cukup luas di kawasan mataraman.

Awi juga menjelaskan, arah dukungan PPP ke Khofifah sudah sangat jelas. Memang sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mendaftar di DPW PPP sebagai Calon Gubernur (Cagub) dengan diantar sejumlah pengurus DPW PKB Jawa Timur. Namun saat ini, Saifullah Yusuf telah bersama Abdullah Azwar Anas dari PDIP sebagai pasangan Cagub dan Cawagub Jatim 2018 mendatang.

"Beberapa waktu lalu Khofifah telah mendaftar di PPP sebagai Cagub namun untuk wakilnya belum. Makanya kami mengusulkan dari internal dan eksternal," jelas Awi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pencalonan Khofifah Indar Parawansa sebagai terus menuai dukungan. Sejumlah partai juga telah menyatakan dukungan seperti Partai Golkar, Partai NasDem dan Partai Hanura. Khofifah sendiri telah mendaftar sebagai Cagub melalui Partai Demokrat dan PPP. Namun, hingga saat ini untuk pendampingnya masih misterius. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO