Manfaatkan Ampas Kopi Melimpah untuk Karya Cethe

Manfaatkan Ampas Kopi Melimpah untuk Karya Cethe Percayakah, bahwa ornamen itu dari cekakik kopi? foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Endapan kopi dimanfaatkan Sasang Priyo Sanyoto, pemilik Refresho Kedai Kopi, untuk dijadikan karya seni lukis “Cethe” yang memiliki nilai jual pada berbagai macam media, salah satunya gelas.

Di kedai kopi miliknya, ampas kopi tak selalu dibuang tapi dimanfaatkan untuk membatik atau nyethe. Sang pemilik kedai kopi ini berinovasi memanfaatkan ampas kopi untuk membatik pada media interior seperti keramik dan gelas kopi.

Kata nyethe sering terdengar di telinga masyarakat Jawa. Nyethe merupakan kegiatan mengoles endapan bubuk kopi yang sudah diseduh ke batang rokok, kemudian dibuat seindah mungkin seperti motif batik dan sebagainya.

Namun, yang dilakukan Sasang berbeda dengan nyethe pada umumnya. Pasalnya, media yang digunakan bukan rokok lagi melainkan barang yang lebih memiliki nilai jual seperti cangkir, asbak, wallpaper, meja dan sebagainya.

“Saat ngopi sering nyethe di bungkus rokok atau koran. Akhirnya saya berpikir bagaimana kebiasaan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi kegiatan yang lebih produktif, mulailah saya mencoba di media daun, kayu, dan cangkir,” ungkap pemilik Refresho Kedai Kopi yang berada di Jl. Gebang Raya AA 40, Sidoarjo ini.

Menurut Sasang sesuatu yang kurang terlihat berharga bisa menjadi sesuatu yang lebih indah dengan sedikit sentuhan. Sisa endapan kopi yang biasa terbuang bisa menjadi sesusatu penghias di berbagai media interior, sehingga memiliki konsep unik dan etnis sebagai pelengkap secangkir kopi.

Selain mengenalkan hasil karyanya pada publik melalui kedai kopi miliknya, ia juga mengenalkan produk-produknya di website refreshindonesia.com dengan menggunakan brand Cethe Merchandise.

Dengan latar belakang mengubah budaya “nyethe” menjadi kegiatan yang lebih produktif, cethe merchandise menjadi salah satu produk yang sangat unik, dengam mengusung tema Go Refresh Indonesia. CV. Refresh Indonesia membuat gallery khusus cethe yang bisa dinikmati berserta secangkir kopi di Refreho Kedai Kopi Sidoarjo.

Pada awalnya Cethe Merchandise hanya membuat satu produk dengan media kertas, daun dan berbagai media yang sudah jadi. Tetapi dalam perkembangannya, mempunyai ide lain yaitu cethe yang dikemas untuk hiasan dinding atau yang disebut wallpaper dan untuk menghiasi furniture yang berasal dari berbagai bahan seperti kayu, rotan, plastik, dan lainnya.

Refresho Kedai Kopi sendiri sudah berdiri sejak tahun 2010 hingga sekarang dan sudah menjadi salah satu kedai kopi dengan segmentasi pasar remaja dan mahasiswa di Sidoarjo, refresho menjadi tempat yang favorit karena paling sesuai dengan mereka. Berbagai fasilitas juga disediakan ditempat ini untuk berkerasi bagi para remaja. Diantaranya, live accoustic dan stand up comedy yang diadakan saat weekend seperti hari jumat, sabtu atau minggu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO