​Sambut HSN, Ansor Surabaya Gelar Lari Marathon 9 K

​Sambut HSN, Ansor Surabaya Gelar Lari Marathon 9 K Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya HM. Faridz Afif. Foto: DIDI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang, GP Ansor Kota Surabaya akan menggelar berbagai macam lomba. Ada badminton, orasi aswaja serta lari marathon 9 K. Lomba badminton akan dibuka dengan pertandingan eksibisi antara Ketua PCNU Kota Surabaya Dr. H. Achmad Muhibbin Zuhri melawan Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya, HM. Faridz Afif.

Duel antara Cak Ibin dengan Gus Afif itu akan berlangsung pada Sabtu (7/10) di lapangan badminton Gedung Astranawa. Duel itu sekaligus sebagai pertandingan pembuka lomba badminton yang diikuti oleh kader Ansor yang merupakan utusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor se-Kota Surabaya.

“Alhamdulillah, Ketua PCNU Kota Surabaya tidak hanya mendukung agenda GP Ansor ini, tapi beliau berpartisipasi langsung dalam pertandingan badminton melawan saya. Ini akan menjadi pertandingan seru antara santri dengan guru,” tutur Ketua GP Ansor Kota Surabaya HM. Faridz Afif, Jumat (6/10).

Orang nomor satu di Ansor Kota Surabaya ini mengungkapkan, kader Ansor harus bergembira menyambut Hari Santri. Pihaknya berharap dalam perlombaan ini bisa menghasilkan bibit atlet yang berasal dari kader Ansor. Terutama di cabang badminton dan marathon. "Karena itu kami menggelar sejumlah lomba lengkap dengan hadiahnya," ucap Gus Afif, sapaan akrabnya.

Afif menambahkan, perlombaan yang diadakan itu juga terbuka untuk masyarakat Kota Surabaya, kecuali badminton yang pesertanya utusan dari masing-masing PAC. Lomba orasi Aswaja pesertanya kader Ansor, pemuda dan mahasiswa,sedangkan lari marathon 9K bersifat umum.

“Lomba ini tak hanya untuk internal Ansor tapi juga terbuka untuk masyarakat umum, karena Hari Santri ini bukan hanya milik Ansor atau NU tapi selururuh lapisan masyarakat,” ujar alumni Unair ini.

Sementara itu, Koordinator Humas GP Ansor Kota Surabaya, Tb. Muhamad Didi Rosadi menjelaskan, untuk lomba badminton akan berlangsung pada hari Sabtu (7/10) mulai pukul 14.00 WIB di Graha Astranawa. Sementara, lomba Orasi Aswaja akan diadakan hari Minggu (8/10) mulai pukul 08.00 WIB di kantor PCNU Kota Surabaya. Sedangkan lomba lari marathon 9 kilometer akan dilaksanakan hari Minggu (15/10) mulai pukul 06.00 WIB dengan start dan finish di kantor PCNU Kota Surabaya.

Aktivis muda NU yang akrab disapa Diday ini menjelaskan, untuk masyarakat yang berminat menjadi peserta lomba Orasi Aswaja masih dibuka kesempatan sampai hari H (Minggu 8/10) di kantor PCNU Kota Surabaya, Jalan Bubutan Jalan Bubutan VI No.2.

“Pada tanggal 22 Oktober akan dilaksanakan Apel Besar Hari Santri di Tugu Pahlawan, mulai pukul 06.00 WIB. Apel tersebut akan diikuti pengurus PCNU dan MWC NU serta badan otonom NU, seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, IPNU dan IPPNU. Ini merupakan puncak peringatan Hari Santri Nasional di Kota Surabaya,” pungkas Diday. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO