Warga Gandusari Blitar Temukan 3 Kg Koin Kuno

Warga Gandusari Blitar Temukan 3 Kg Koin Kuno Marianto menunjukkan tempat ditemukannya ratusan koin kuno.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 760 keping koin kuno ditemukan warga dusun Parang, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten . Koin kuno itu ditemukan Marianto (48) di kebun kopi belakang rumahnya, Minggu (1/10) sore.

Saat ditemui di rumahnya, Marianto menceritakan penemuan koin kuno tersebut berawal saat ia mencari jamur di kebun kopi. Setelah mencari jamur, seperti biasa ia membawanya pulang untuk dimasak. Namun hal aneh terjadi malam harinya. Ia bermimpi didatangi dua orang tua agar kembali ke tempat ia mengambil jamur.

"Sorenya saya langsung kembali lagi, dan saya malah menemukan koin kuno itu," tutur Marianto, Senin (2/10).

Setelah menemukan ratusan koin itu, Marianto berinisiatif untuk menggali lubang di sekitar ditemukannya koin. Dengan harapan masih ada koin yang tersisa. Namun setelah digali sekitar satu meter, ternyata sudah tidak ada koin yang ditemukan. Ia menjelaskan pada koin yang ia temukan terdapat tulisan huruf China berwarna kombinasi hijau dan merah dengan lubang di tengahnya. Ia menemukan koin yang jumlahnya sama dengan berat 3 kg itu terikat dengan seutas tali.

"Saat saya temukan dalam keadaan diikat dengan tali, namun saat saya pegang talinya putus. Mungkin karena sudah rapuh," tuturnya.

Temuan itu lalu dilaporkan ke Babinkamtibmas desa setempat yang meneruskannya ke polisi. Petugas Polsek Gandusari yang datang ke lokasi penemuan lalu memasang police line.

"Kami langsung pasang police line untuk menjaga keamanan lokasi dan mencegah terjadinya aksi pencurian di tempat ini," jelas Kapolres AKBP Slamet Waloya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO