Dinsos Situbondo Kirim 5 Personel Tagana Bantu Evakuasi Warga Gunung Agung di Bali

Dinsos Situbondo Kirim 5 Personel Tagana Bantu Evakuasi Warga Gunung Agung di Bali Tim tanggap bencana (Tagana) Situbondo saat diberangkatkan oleh kepala Dinsos Situbondo, Lutfi Joko Prihatin.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Situbondo memberangkatkan 5 personel tim tanggap bencana (Tagana) ke Provinsi Bali, Kamis (25/9) pagi. 5 personel dikirim untuk mengevakuasi dan membantu para pengungsi erupsi gunung agung di Bali yang sedang berstatus awas.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin mengatakan, 5 personil Tagana yang diberangkatkan ke Bali untuk membantu para pengungsi gunung agung tersebut mempunyai keahlian masing-masing di bidang kebencanaan.

"Kita berangkatkan lima personel Tagana dari Dinsos untuk membantu para pengungsi gunung agung di Bali, tentu saja kelima personil tersebut mempunyai keahlian masing-masing di bidang kebencanaan," katanya.

Ia melanjutkan, lima personel Tagana yang dikirim ke Bali di antaranya, Raf Adi Febrianto ahli di bidang Tim Reaksi Cepat dan SAR, Iswara Danar Pranata ahli di bidang Rescue, Ahmad Fahrul Karila ahli di bidang dapur umum dan Teknisi Sarpras, Moh Rama Deni ahli di bidang dapur umum dan Ahmad Fauzi ahli di bidang Psikososial.

"Selain mengirim 5 personil, kita juga mengirim bantuan sembako sebanyak 250 paket dan 100 lembar matras serta sarana prasarana berupa, 1 unit truk evakuasi, 5 unit motor trail, 5 unit handy talkie dan 2 unit tenda keluarga," terang Lutfi.

Lebih lanjut, ketua Pertimbangan IKA PMII Situbondo ini mengungkapkan bahwa, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Tagana tidak hanya dilakukan di daerah Situbondo sendiri, namun juga dilakukan antar Kabupaten, bahkan juga antar provinsi di luar Jawa Timur termasuk di provinsi Bali.

"Ini menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu evakuasi maupun penanganan para pengungsi yang perlu segera ditangani secara cepat terhadap saudara-saudara kita di Bali yang terkena musibah akan meletusnya gunung agung," pungkasnya.

Pria asal Kecamatan Arjasa ini menambahkan bahwa kelima personel Tagana asal Situbondo tersebut sesampainya di Bali langsung akan bergabung dengan para Tagana lainnya yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO