Tiga Bulan Warga Kekeringan, Polres Jombang Bantu Air Bersih

Tiga Bulan Warga Kekeringan, Polres Jombang Bantu Air Bersih

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sejak tiga bulan terakhir, warga Dusun/Desa Pakel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang mengalami kesulitan memperoleh air. Untuk itu, Polres Jombang mendistribusikan air bersih guna membantu memenuhi kebutuhan warga Dusun Pakel.

Kekurangan air bersih ini hampir setiap tahun terjadi di lokasi tersebut. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus berjalan sekitar 3,5 kilometer. Pasalnya anya satu sumur warga yang masih ada airnya untuk kebutuhan masak dan minum. Sehingga warga harus rela antre saat hendak mengambil air.

Sedangkan untuk kebutuhan mandi dan mencuci, warga mengambil di sungai yang juga lumayan jauh. “Sering pak, hampir setiap tahun. Seperti tahun lalu memang sebentar, karena cepat hujan,” ujar Sartimah warga Pakel Sabtu (16/9/2017).

Tak pelak, kondisi ini pun mendapat respon dari Polres Jombang. Dengan membawa tangki water canon, korps berseragam cokelat tiba di lokasi, Sabtu (16/9/2017). Truk water canon ini berisi air bersih untuk dibagikan kepada warga. Selain itu, ada dua truk tangki yang juga berisi air bersih untuk dibagikan kepada warga.

Dengan membawa wadah, warga mendekati lokasi pembagian air. Kemudian, diawali oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, air dalam tangki itu disalurkan ke dalam wadah milik warga.

“Setelah kami inventarisir, mana saja daerah yang kesulitan air bersih. Selanjutnya
kami kirim bantuan air bersih. Semoga bantuan ini, bisa meringankan beban warga yang kesulitan mendapatkan air bersih,” ujar AKBP Agung Marlianto dotemui di lokasi pendistribusian air bersih.

Pengiriminan air bersih ini, lanjut Kapolres, akan dilaksanakan di sejumlah titik yang mengalami kekeringan di Kabupaten Jombang. Di antaranya di Kecamatan Wonosalam, Ngusikan, Kabuh, dan Bandar kedungmulyo.

“Semoga ini akan segera teratasi dengan baik. Meskipun kami akan selalu ada untuk berusaha membantu masyarakat,” tandas Kapolres. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO