Diduga Tidak Sesuai Bestek, Warga Soroti Proyek Bantaran Kali Kemuning

Diduga Tidak Sesuai Bestek, Warga Soroti Proyek Bantaran Kali Kemuning Proses pengerjaan bantaran kali Kemuning. foto: suaramadura.com

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Dinilai kualitas kurang bagus dalam pekerjaan, proyek inspeksi bantaran sungai Kali Kamuning senilai Rp 190 juta di lokasi Jalan Agus Salim, Kelurahan Banyuanyar diprotes warga.

Bahkan warga memperkirakan umur proyek tidak akan bertahan lama karena dikerjakan dengan alat seadanya. Selain itu, muncul dugaan bahan dan campuran materialnya kurang sesuai dengan bestek.

“Kalau cuma dikerjakan pakai tangan mana bisa kuat, apalagi nanti bila dilalui alat berat. Seharusnya, supaya hasilnya maksimal, ya pakai alat semacam alat molen (mixer) itu,” ucap Roni, salah satu warga Banyuanyar, kemarin.

Menanggapi protes warga, Kabid Pengelolaan Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sampang, Syaiful Muqoddas mengatakan pihaknya telah melakukan peneguran kepada rekanan.

Sedangkan menanggapi alat bantu seperti molen (mixer) untuk pencampuran bahan-bahan, pihaknya menjelaskan bahwa hal itu tidak perlu. Sebab, di dalam Rancangan Anggaran Kegiatan (RAB) tidak dicantumkan secara spesifik penggunaan alatnya.

"Di RAB hanya disebutkan menggunakan alat pencampur, ya bisa saja cuma menggunakan sekop cangkul dan lainnya," dalihnya.

Syaiful Muqoddas tidak membantah bahwa dengan menggunakan alat molen (mixer) hasilnya akan lebih bagus. "Tapi perlu diperhatikan komposisi bahan pencampurannya agar sesuai RAB," kelitnya lagi. (hri/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO