Pakde Karwo dan Gus Ipul Pesan Sapi Seberat 1 Ton di Bojonegoro

Pakde Karwo dan Gus Ipul Pesan Sapi Seberat 1 Ton di Bojonegoro Kusnan menunggangi sapi seberat 1 ton 300 kwintal yang dipesan Gubernur Jatim, Pakde Karwo. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Menjelang hari raya 1437 Hijriyah, salah satu peternak sapi di Kabupaten Bojonegoro, Kusnan, mendapat berkah. Sebab, dua ekor sapinya yang berjenis Limosin telah dipesan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf.

Kusnan yang tinggal di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu saat ditemui mengatakan, dua ekor sapi yang dipesan dua orang nomor satu di Jatim itu bobotnya di atas 1 ton. Ia merinci, untuk sapi yang dipesan Pakde Karwo beratnya mencapai 1 ton 300 kwintal, sedangkan sapi yang dipesan Gus Ipul beratnya 1 ton 100 kwintal.

"Dua sapi ini pernah mendapat juara satu lomba peternakan sapi tingkat jawa timur. Saat itu Pakde Karwo juga menyaksikan," ujar Kusnan, Senin (7/8/17).

Kedua sapi jumbo itu oleh Kusnan dibanderol senilai Rp 100 juta dan Rp 80 juta. Sejak beberapa tahun terakhir ia selalu menjadi langganan pemesanan sapi untuk hewan qurban mulai dari pedagang, politikus, Bupati, Gubernur hingga Presiden RI Joko Widodo. "Tahun lalu pak presiden pesan di sini," ungkapnya.

Ia mengungkapkan rahasia untuk merawat belasan sapinya agar cepat besar ialah rasa kasih sayang. Kata dia, kasih sayang yang dimaksud ialah perilaku selalu memperhatikan kebersihan sapi maupun kandang, pemberian vitamin, hingga dipijat langsung oleh pria berkepala botak itu.

"Terutama pemberian makanan ampas tahu yang saya galakkan. Setiap malam saya kasih makan sisa ampas perasaan tahu," paparnya.

Selain telah dipesan oleh Pakde Karwo dan Gus Ipul, sejumlah sapinya juga telah dipesan oleh para pedagang di wilayah Jakarta dan Jawa Tengah, harganya pun di atas Rp 50 juta. Suksesnya peternakan sapi yang dilakukan oleh Kusnan hingga bisa menguliahkan beberapa anaknya, selain juga membeli tanah dan membangun rumah mewah. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO