Pengurus PCNU Jombang Dilantik, Ini Ikhtiar Program Kerja Unggulannya

Pengurus PCNU Jombang Dilantik, Ini Ikhtiar Program Kerja Unggulannya Prosesi pelantikan PCNU Jombang. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang periode 2017-2022 secara resmi dilantik oleh Wakil Rais Am PBNU, KH Miftahul Akhyar di Pondok Pesantren Babussalam Kalibening, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Minggu (30/7/2017). Untuk menjalankan roda kepengurusan, ada sejumlah program unggulan yang akan direalisasikan selama lima tahun ke depan.

Prosesi pelantikan PCNU ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan para pengurus Syuriah dan Tanfidziyah oleh Kiai Miftahul Akhyar. Rais Syuriah , KH Abdul Nasir Fattah dan KH Salmanudin Yazid (Gus Salman), Ketua Tanfidiyah didampingi jajaran pengurus membacakan naskah sumpah jabatan sesuai arahan KH Miftahul Akhyar.

Selain itu, para pengurus lembaga di lingkungan dilantik langsung oleh Gus Salman. Setelah pengukuhan, Gus Salman menyampaikan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan selama periodenya ke depan.

"Kami tanfidziyah berposisi sebagai santri dari syuriah. Jadi, apapun perintah KH Abdul Nasir Fatah (Rais Syuriah) harus kami laksanakan," ujarnya di awal sambutannya di atas podium.

Gus Salman menjelaskan, ada sejumlah program yang sudah disiapkannya. Di antaranya pendataan secara sistemik warga NU di Kabupaten Jombang. "Pendataan ini by name, by addres. Jadi, nanti kita akan punya data konkret. Selain itu, kami sudah mencari tanah untuk pembangunan kantor baru. Akan ada 22 ruangan di kantor baru nanti. 18 untuk lembaga, 4 ruangan untuk PCNU," jelas Gus Salman

Program lainnya yakni pembangunan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) NU di seluruh kecamatan di Jombang yang saat ini sudah ada 5 di kota santri. Selanjutnya, yakni akan memaksimalkan program Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah NU (lazisnu) yang ditargetkan bisa mengelola dana umat sebesar Rp 22 miliar setiap tahunnya.

"Kami juga sudah memulai proses pendirian klinik pratama. Untuk pendidikan Ponpes dan Sekolah NU akan kita kembangkan semaksimal mungkin," tandas Gus Salman.

Seluruh program kerja ini disambut positif oleh Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut. "Kami sangat mendukung semua program kerja NU ini. Sebagai bupati, kewajiban saya membantu pembangunan kantor baru untuk NU," kata Nyono.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekjend PBNU Helmi Faishal Zainy, Ketua Tanfidiyah PWNU Jatim KH Mutawakil Alallah, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab, serta para kiai-kiai dan warga NU.

Selain melaksanakan pelantikan, PCNU langsung menggelar Muskercab (Musyawarah Kerja Cabang) di lokasi tersebut. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO