Pudak, Makanan Khas Gresik Jadi Buruan Para Penziarah

Pudak, Makanan Khas Gresik Jadi Buruan Para Penziarah ?Pudak, menjadi ciri khas jajanan Gresik yang hampir selalu diburu wisatawan. foto:syuhud almanfaluti/BANGSAONLINE

Kabupaten Gresik seperti daerah lain memiliki makanan atau yang menjadiproduk unggulan buat oleh-oleh masyarakatyang berkunjung di kota santri ini. Di antara makanan khas Gresik yang terkenal adalah Pudak. Berikut liputan wartawan BANGSAONLINE, M Syuhud Almanfaluty, Gresik.

KONON, makananjenis Pudakdi Kabupaten sudah ada sejak zaman nenek moyang sebelum Gresikmendapatkan julukan kota Walidan kota perdagangan. Dimana, pada zaman penjajah, Gresik merupakanwilayah yang menjadisalah satutempat jujukan para saudagar (pedagang,red), sepertisaudagar terkenal Fatimah Binti Maimun selaku ibu angkat Raden Ainul Yaqin atau yang lebih akrab disebutSunanGiri.

Berawal dari itu, Gresik yang hingga sekarangdikenal dengan kota santri, banyak muncul jajanan (kuliner) yang salahsatunyaadalah kulinerPudak. Makanan jenis satu ini sangatdigandrungimasyarakat luas, terlebihpara penziarah baik wismanmaupun wisnu yang berziarahke makan SunanGiri Maupun Maulana Malik Ibrahim. Mereka merasa kurang sreg datang ke Gresik kalau tidak membelijajanan Pudak untuk oleh-oleh.

Menurut Hidayah,pemilik toko "LL yangmenjual oleh-olehjajanan Pudakdi Jalan Sindujoyo 119, Gesik, bahwa makanan jenis Pudak menjadi incaranmasyarakat, khususnyamasyarakat yang datang dari luar daerah. Merekakalau datang ke Gresikwajib membeli Pudak. Mengapa? " Karena mereka menganggap kalau ke Gresik kurang komplit kalau tidak membawa Pudak sebagaioleh-oleh, " katanya.

Hidayah, yangmerupakansalah satu pembuat Pudakmenjelaskan, bahwa jajanan Pudak yang dijualnyamerupakan hasil produk sendiri. Pudak yang dibuatnya memiliki kekhasan, karena dalam pembuatannya, mengutamakan cita rasa tersendiri. " Sehingga,para pembeli bisa merasakan Pudak yang mereka beli betul-betul khas dari jajanan yang kami buat, " jelasnya.

Ditegaskan dia,Pudakyang dibuatnya betul-betulmengutamakan cita rasa dan komposisi khusus, mulai dari bahan bahannya. Untuk bahan, komposisinya, beras ketan, kelapa dangula. Bahan-bahan tersebut diutamakanberkualitas. " Kami pilih bahan berkualitas, biar jadinya kue tidak terkesan asal asalan, tapi betul betul kue yang berkualitas, sehinggacitra rasanya benar-benar memilikikekhasanPudakGresik, " paparHidayah.

Pudak sendirilanjut Hidayah,merupkan jajananyang cukup unik dan menarik untuk para pembeli. Sebab, bentuk luarnyayang gemuk dan menggelembung seperti karung atau kantung. Rasanyapun tidak kalah nikmat dengan kue buatan pabrikan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO