Program Gertak Pemkab Trenggalek Diapresiasi Anggota DPRD Kota Surabaya

Program Gertak Pemkab Trenggalek Diapresiasi Anggota DPRD Kota Surabaya Ketua AKD Kabupaten Trenggalek, Puryono (kiri) dan Reni Astuti anggota DPRD kota Surabaya saat berada di gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Reni Astuti, anggota DPRD Kota Surabaya asal fraksi PKS memberikan acungan jempol terhadap program Gertak (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan) yang dimiliki Pemkab Trenggalek. Ini setelah dirinya mendapat penjelasan secara langsung terkait program tersebut dari ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) se-Kabupaten Trenggalek, Puryono, di gedung DPRD setempat, Kamis (6/7).

"Setelah tadi mendapat penjelasan dari ketua AKD Trenggalek, saya merasa program Gertak ini, dari sisi akurasi pendataan tentang kemiskinan tidak diragukan lagi. Ini sangat luar biasa," kata Reni di gedung DPRD Trenggalek.

Menurut Reni, program Gertak merupakan salah satu program masalah kemiskinan yang belum pernah ada di daerah lain. "Kendati di banyak daerah telah melakukan program pengentasan masalah kemiskinan, namun pendataannya tidak ada yang sehebat Trenggalek. Di kota Surabaya sendiri pendataan masalah kemiskinan perkotaan belum seperti di Trenggalek," terangnya.

" Jadi tadi sempat dijelaskan oleh ketua AKD bahwa pendataan kemiskinan melalui program Gertak didasarkan pada musyawarah tingkat RT hingga ke jenjang berikutnya, yakni diplenokan ke forum musyawarah desa. Bagi saya, dengan pola seperti itu, data yang dihasilkan akurasinya sangat luar biasa dan tepat sasaran. Dalam hal ini yang mengusulkan warga miskin itu bukan RT/RW atau perangkat desa, tapi warga masyarakat sendiri yang mengusulkan," urainya.

Sementara Subadianto, anggota DPRD Trenggalek asal fraksi PKS mengatakan bahwa kedatangan Reni Astuti memang sengaja untuk studi banding tentang program Gertak. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO