Mensos Khofifah Sabet Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB

Mensos Khofifah Sabet Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB Khofifah saat menerima penghargaan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com (Menteri Sosial) RI Indar Parawansa menyabet penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menpan-RB RI Asman Abrur dalam penutupan gelar pameran dan Simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 2017, di Gelora Joko Samudro (Gejos) Gresik, Sabtu (20/5/2017) malam.

berhak menerima penghargaan tersebut karena Program Risol Gepeng Mas dinilai berhasil. Risol Gepeng Mas merupakan singkatan dari Rehabilitasi Sosial Luar Panti bagi Gelandangan dan Pengemis di Masyarakat.

Program tersebut diprakarsai Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur, Bekasi, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial.

Usai menerima penghargaan, menyatakan, program Risol Gepeng Mas bisa menjadi salah satu alternatif semakin terbatasnya daya tampung pelayanan dalam panti yang dapat diberikan Kemensos kepada para gelandangan dan pengemis (gepeng).

"Melalui model pelayanan luar panti berbasis masyarakat, program ini menyentuh lebih banyak gelandangan dan pengemis tanpa dibatasi oleh daya tampung panti, jam kerja, dan waktu pelayanan,” ujar .

menjelaskan, program Kemensos tersebut memiliki target menciptakan Indonesia bebas dari gepeng pada 2019. Adapun sentra pelayanan yang dijadikan barometer adalah Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur, Bekasi.

“Memang ada target dari Kementerian Sosial pada akhir 2019, Indonesia bisa bebas gepeng. Kita punya sentra layanan gepeng itu di Bekasi, tetapi di Bekasi pun kita punya penjangkauan. Dan layanan inilah yang dianggap memiliki layanan inovasinya, karena keterbatasan dari shelter yang ada di Bekasi, maka Kementerian Sosial melakukan penjangkauan,” pungkasnya.

Kompetisi inovasi pelayanan publik yang digelar Kementerian Menpan-RB merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014. Untuk Top 99 inovasi pelayanan publik 2017 ini terdiri dari 20 kementerian, 3 lembaga, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota, 2 BUMN, dan 4 BUMD. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO