Kamis, 21 September 2017 21:12

Jelang Ramadan, Bupati Sambari Pastikan Harga Sembako di Gresik Stabil

Jumat, 19 Mei 2017 13:40 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Jelang Ramadan, Bupati Sambari Pastikan Harga Sembako di Gresik Stabil
Bupati Sambari HR didampingi Kapolres AKBP Boro Windu Danandito dan Dandim Letkol Kav. Widodo Pujianto saat berdialog dengan salah satu pedagang. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito, Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Kav Widodo Pujianto dan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) di Pasar Baru Gresik, Jumat (19/5/2017).

Sidak ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga Sembilan Bahan Pokok (sembako) menjelang bulan suci Ramadan 1438 H. Pemantauan harga ini selanjutnya akan dilakukan oleh tim Satuan Kegiatan Penstabilan Harga Bahan pokok Kabupaten Gresik tahun 2017 yang diprakarsai oleh Kapolres Gresik.

Dalam sidak kali ini, Bupati bersama rombongan mengecek harga-harga bahan sembako di pasar dan bertanya kepada para pedagang di sana apakah harga sembako di Pasar Baru mengalami kenaikan atau tidak menjelang bulan Ramadan. Hasilnya, bahwa harga-harga sembako masih relatif stabil. Meskipun ada kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan.

“Saat ini harga beras dengan kualitas rendah masih stabil yakni Rp 7.800 rupiah per kilogram. Sedangkan yang kualitas bagus kisaran Rp 11.000 rupiah per kilogram. Meski terdapat kenaikan harga sekitar Rp 200 rupiah per kilogram, namun masih terjangkau oleh daya beli masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa untuk persediaan beras aman hingga H+7 lebaran Idul Fitri 1438 H.

Sedangkan untuk komoditas lainnya, seperti telur ayam menurut Bupati saat ini masih di kisaran Rp 21.000 per kilogram, cabe Rp 47.000 per kilogram, bawang putih berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per kilogram bergantung kualitas, juga daging yang masih sangat stabil tidak menunjukkan kenaikan harga yang signifikan.

Menurut Bupati, kenaikan harga untuk beberapa barang masih dalam taraf wajar. Karena itu, ia berharap kondisi ini dapat bertahan sampai lebaran nanti, termasuk ketaatan para pedagang menjual barang yang bermutu baik.

“Sejumlah komoditas terpantau baik. Dan apabila terdapat kenaikan harga, Pemerintah Kabupaten Gresik berharap agar kenaikannya masih dalam taraf yang wajar dan para pedagang tidak seenaknya menaikkan harga,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono. "Tim Satgas Pengendalian Harga Bahan Pokok siap untuk memantau dan mengawasi kestabilan harga pangan," katanya. (hud/rev)

Sabtu, 02 September 2017 20:45 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   Ud’u ilaa sabiili rabbika bialhikmati waalmaw’izhati alhasanati wajaadilhum biallatii hiya ahsanu inna rabbaka huwa a’lamu biman dhalla ‘an sabiilihi wahuwa a’lamu bialmuhtadiina (125).Ti...
Sabtu, 16 September 2017 12:29 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 September 2017 12:08 WIB
VANCOUVER, BANGSAONLINE.com - Penyanyi pop muslim Mozhdah Jamalzadah membuat kegaduhan warganet dengan memosting foto selfie dengan latar belakang monitor yang menggambarkan adegan film bokep.Dia pun langsung dikutuk oleh fansnya. Mereka sang...