Ratusan Warga Sumberasri Blitar Wadul Pemkab, Protes Lahan Pabrik Gula PT Gambat Anyar

Ratusan Warga Sumberasri Blitar Wadul Pemkab, Protes Lahan Pabrik Gula PT Gambat Anyar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Dusun Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Blitar berunjuk rasa di depan kantor sekretariat Pemerintah Kabupaten Blitar, Rabu (17/05) siang.

Aksi ratusan warga yang tinggal di lereng Gunung Kelud tersebut diakibatkan karena adanya dugaan pemindahan dan pemanfaatan sebagian tanah di area perkebunan PT Gambar Anyar, untuk pabrik gula. Terlebih, pabrik gula yang sudah berdiri sekitar dua bulan terakhir itu tidak mengantongi izin dari Pemkab setempat.

Tak hanya itu, bahkan ada dugaan sebagian tanah milik perkebunan PT Gambar Anyar, yang memiliki luas total 680 hektare itu juga disewakan kepada para pemilik modal.

Suprianto koordinator aksi mengatakan, berdirinya pabrik gula di lokasi perkebunan PT Gambar Anyar jelas menyalahi aturan. Pasalnya setiap pemilik Hak Guna Usaha (HGU) dilarang untuk mengalihkan pemanfaatan tanah di area perkebunan untuk kegiatan lain di luar kepentingan perkebunan. Parahnya lagi selama ini warga setempat justru menerima dampak negatif dari keberadaan pabrik gula tersebut.

"Warga di sini hanya kena polusi dan limbah pabrik, selain itu aliran air ke warga juga tersendat akibat adanya pabrik gula," jelasnya kepada wartawan, Rabu (17/05).

Untuk itu pihaknya meminta agar Pemkab Blitar mengkaji ulang keberadaan pabrik gula di area PT Gambat Anyar. Selain itu warga juga menuntut agar pabrik gula dibekukan dan tidak beroperasi sebelum mengantongi izin resmi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO