Senin, 06 Juli 2020 10:42

Masjid Al-Abror Berkait Cikal Bakal Sidoarjo

Minggu, 13 Juli 2014 20:57 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nanang
Masjid Al-Abror Berkait Cikal Bakal Sidoarjo
?Sejumlah jemaah di depan Masjid Jami’ Al-Abror di Dusun Kauman Kelurahan Pekauman Kecamatan Sidoarjo, Minggu (13/7). foto : nanang ichwan/BANGSAONLINE

Masjid Jami Al-Abror berlokasi di Dusun Kauman Kelurahan Pekauman, di Jalan Gajah Mada Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Harian BANGSA berkesempatan mengunjungi Masjid Al-Abror, Minggu (13/7).

Masjid ini sudah mengalami renovasi beberapa kali. "Semua sudah mengalami renovasi beberapa kali. Hanya, pintu masuk bagian utara masjid yang tidak direnovasi" kata salah satu pengurus Takmir Masjid Al-Abror, Kemas Syaifoel, Minggu (13/7).

Soal pintu masuk masjid sisi utara yang masih orisinal dan tidak direnovasi, Syaifoel enggan berkomentar dengan alasan soal itu telah menjadi kesepakatan bersama para takmir Masjid Al-Abror.

Keberadaan sebuah masjid kerap berhubungan dengan sejarah awal mula berdirinya sebuah wilayah atau daerah. Masjid Al-Abror Sidoarjo misalnya, punya keterkaitan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Sidoarjo yang dulunya bernama Kadipaten Sidokare.

Dia bercerita, ada sebuah sumur di area masjid yang berdiri sejak sekitar 1678 M itu dan tidak banyak orang yang tahu keberadaan sumur tersebut. Kata Syaifoel, sebagian orang meyakino air sumur tersebut bisa menyembuhkan penyakit.

Katanya, sebelum sumur ditutup, banyak orang yang mengambil air sumur itu untuk obat. "Sebagaian orang yang datang ke sini dan mengambil air untuk dibuat obat. Namun sumur saat ini sudah di tutu yang airnya di alirkan dengan mengunakan pipa," cetus pria berusia 58 tahun.

Sama dengan masjid-masjid lainnya, saat ramadan, Masjid Al-Abror menjadi pusat kegiatan ibadah. Mulai dari pengajian, salat jamaah lima waktu, salat tarawih, pembagian takjil buka puasa, penyaluran zakat serta santunan anak yatim piatu.

Saat ramadan, jumlah orang yang beribadah di masjid tersebut, meningkat tajam. "Saat ibadah salat Isyak dan tarawih hampir penuh. Kalau di luar ramadan, dua sampai tiga shaf saja,” beber pria yang menjadi pengurus takmir Masjid Al-Abror belasan tahun ini.

Masjid Al-Abror ini ternyata erat kaitannya dengan sejarah berdirinya Kabupaten Sidoarjo, yang dulunya bernama Kadipaten Sidokare, dimana dipimpin oleh bupati pertama, Raden Notopuro (RTP Tjokro Negoro).

Di area masjid tersebut, juga ada empat makam ulama, yakni mbah Mulyadi, mbah Sayyid Salim, mbah Muso dan mbah Badriah. "Cerita dari mbah saya, beliau semua adalah sesepuh wilayah sini dan cikal bakalnya berdirinya masjid ini," jlentreh Kemas Syaifoel.

Bangunan Masjid Al-Abror yang menempati lahan seluas 700 meter persegi ini juga masih menyisakan kultur Jawa yang kental. Diantaranya, tekstur tiga atapnya. Tiga atap tersebut itu menggambarkan iman, ikhsan dan islam.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...