Selasa, 28 Januari 2020 07:00

Tarawih Satu Juz, Suasana Masjid Al-Birru Pertiwi Mirip di Makkah

Minggu, 13 Juli 2014 16:45 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: eky nur hadi
Tarawih Satu Juz, Suasana Masjid Al-Birru Pertiwi Mirip di Makkah
?EKSOTIK - Bangunan Masjid Al-Birru Pertiwi, di jalan raya Bojonegoro - Nganjuk, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Kamis (10/7) malam. foto: eky nurhadi/BANGSAONLINE

Jarang sekali disetiap masjid di Bojonegoro saat sholat tarawih membaca ayat-ayat Al-quran dengan surat panjang atau bahkan satu juz tiap sholat tarawih. Namun, di salah satu masjid di Kecamatan, Dander, Bojonegoro tiap sholat tarawih imamnya membaca satu juz surat didalam al-quran.

Masjid itu bernama Al-Birru Pertiwi, letaknya di pingir jalan raya Bojonegoro - Nganjuk (tepatnya 13 KM selatan Kota). Sejak diresmikan pada 25 Januari lalu, masjid itu langsung menjadi pusat keagamaan di Kecamatan Dander. Terlebih saat bulan Ramadan, banyak kegiatan-kegiatan religi yang dilakukan pengurus masjid.

Manajer masjid Birru Pertiwi, ustazd Sholahuddin menjelaskan, sejak sholat tarawih pertama masjid itu sudah memberlakukan satu malam satu juz ayat al-quran. Meski tarawih berjalan agak lama, tetapi para jamaah tetap khusu' hingga selesai.

Meski tergolong masjid baru, namun Masjid Al-Birru Pertiwi, di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, tampaknya tidak mau ketinggalan dengan masjid-masjid ‘senior’ dalam hal kegiatan ibadah selama bulan ramadan. Di masjid ini, digelar salat tarawih dengan membaca satu juz di dalam Alquran.

"Sampai sekarang sudah mendapat 13 juz dan akan berlangsung hingga tarawih terakhir malam takbir besuk," jelasnya kepada Harian BANGSA, Jumat (11/7) lalu.

Pria yang akrab disapa Gus Udin itu mengaku para jamaahnya tidak ada yang mengeluh meski tarawihnya hingga 3 jam atau pukul 19.00 hingga 21.00 WIB baru selesai. "Mereka (jamaah) merasa nyaman-nyaman saja sampai saat ini, karena imamnya suaranya bagus-bagus. Jadi mereka seakan lupa akan rasa capek dan lamanya itu," ujarnya.

Jamaah yang mengikuti tarawih di masjid berkubah emas itu selain dari warga Dander juga warga Kota Bojonegoro dan sejumlah kecamatan lain di Kota Ledre. Rata-rata mereka sengaja tarawih di masjid itu karena ingin merasakan suasana tarawih di masjidil haram makkah. Selain itu juga ingin menikmati indahnya masjid tersebut pada malam hari.

"Imamnya ada empat orang yang secara bergantian mereka menjadi imam salat tarawih, kebetulan mereka hafidz Quran semua," tandasnya.

Tiap malam, lanjut dia, jamaah yang mengikuti salat tarawih sekitar 500 sampai 600 orang. Menurut dia, tarawih dengan satu juz ayat al-quran itu di Bojonegoro belum pernah ada. "Baru di masjid ini tarawih dengan 1 juz setiap malam. Melihat antusias masyarakat, maka akan kita lanjutkan pada salat tarawih ramadan mendatang," imbuhnya.

Pantauan di Masjid Al-Birru Pertiwi, Kamis malam (10/7), para jamaah tampak khusuk mengikuti salat tarawih hingga usai, lantunan ayat-ayat suci al-quran dengan suara merdu imam tarawih menggetarkan jiwa dan membuat nyaman para jamaah baik laki-laki maupun perempuan.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Senin, 27 Januari 2020 12:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...