Pembangunan JLS Kabupaten Blitar Dipastikan Dimulai Tahun Depan

Pembangunan JLS Kabupaten Blitar Dipastikan Dimulai Tahun Depan

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) di Kabupaten Blitar dipastikan tidak akan berlangsung tahun ini. Mega proyek yang sumber pembiayaannya menggunakan dana dari APBD kabupaten Blitar, APBD Provinsi Jawa Timur, dan APBN itu bakal mulai dilaksanakan tahun depan.

Kepala Bidang Perbaikan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, Sudarman mengatakan, saat ini proses pembangunan JLS di Kabupaten Blitar masih sampai pada tahap Detail Engineering Design (DED). Karena pada tahap ini perlu desain yang tepat dan sesuai dengan kondisi jalur yang akan dibangun.

"Setelah tahap DED kita buka lelang yang diperkirakan akan kita lakukan sekitar akhir tahun ini. Sehingga otomatis pembangunan JLS akan mundur tahun depan," kata Sudarman, Rabu (26/04) siang.

Pembangunan JLS ini dimulai dari Kecamatan Bakung yang berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung sampai dengan Kecamatan Wates yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. Dan melewati empat kecamatan di Kabupaten Blitar di antaranya Kecamatan Bakung, Wonotirto, Panggungrejo, dan Wates.

Untuk anggarannya, lanjut Sudarman, Pemerintah Pusat menyetujui bakal memberikan anggaran sebesar Rp 1 triliun. Dengan proses pembangunan yang dilakukan secara multiyears atau lebih dari 1 tahun. "Untuk anggaran setelah diajukan akhirnya ada persetujuan anggaran dari pusat sebesar Rp 1 triliun," paparnya.

Terpisah,  Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Supriadi mengatakan, pembebasan lahan dan izin amdal pembangunan JLS sudah selesai dilakukan. Sehingga. ia berharap pembangunan segera dilaksanakan, karena hanya Kabupaten Blitar yang belum selesai. Sebab, daerah lain seperti Trenggalek sudah selesai.

Selain itu, kata politisi PDI perjuangan tersebut, pembangunan sangat dinantikan masyarakat di Blitar selatan. Karena dengan adanya JLS diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Otomatis jika JLS di Kabupaten Blitar selesai maka akan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Bahkan juga bisa mengangkat poluparitas beberapa objek wisata pantai di Blitar selatan," tuturnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO