Rastra Mulai Disalurkan, Bulog Ponorogo Pastikan Stok Beras Aman

Rastra Mulai Disalurkan, Bulog Ponorogo Pastikan Stok Beras Aman Kepala Bulog Subdivre Ponorogo, Muhammad Rudi Prasetya

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Bulog Sub Divre Ponorogo yang meliputi Kabupaten Ponorogo, Pacitan, dan Magetan siap menyalurkan jatah beras sejahtera atau rastra (istilah baru untuk raskin) tahun 2017 pekan depan. Adapun jumlah rastra tahun ini untuk Ponorogo khususnya sebesar 12.270.760 kg kepada 66.171 keluarga penerima manfaat (KPM) di 21 kecamatan.

"Penyaluran rastra tiga bulan ini dirapel mengingat pagu di awal karena keputusan pemerintah baru turun. Akhirnya rastra dirapel Januari, Februari, Maret di April 2017 ini. Kami menunggu surat penetapan dari bupati untuk menyalurkan beras sejahtera tersebut," ujar Kepala Bulog Subdivre Ponorogo, Muhammad Rudi Prasetya di ruang kerjanya, Kamis (6/4).

Menurut Rudi, rastra tersebut diperuntukan bagi keluarga pra sejahtera (KPM) yang masing-masing mendapat jatah 15 kg per KPM. Harganya dibaderol Rp 1.600/kg.

"Jumlah pagu rastra ini berkurang sebenarnya karena ada program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), tapi tidak begitu signifikan pengurangannya,” jelas Rudi.

Rudi menjelaskan, rastra tersebut berkurang karena saat ini tidak ada raskin reguler di perkotaan. Di kota diganti dengan paket BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). BPNT merupakan pola lain bantuan langsung untuk KPM.

"Program BPNT kerja sama bank dan Dinsos. Itu berupa paket beras, gula, minyak goreng. Berasnya medium plus, lebih baik dari medium. Tergantung dengan kartunya," ujar dia.

Sementara untuk stok beras di wilayahnya, Bulog Sub Divre Ponorogo menjamin aman. “Stok kita aman hingga 15 bulan ke depan dengan total 30.000 ton. Apalagi ini terus bertambah karena Ponorogo dan sekitarnya panen sepanjang tahun dan kita menyerap setiap hari 500 ton untuk tiga kabupaten, yaitu Pacitan, Ponorogo, dan Magetan,” pungkas Rudi. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO