Disulap Seperti Masjid Nabawi, Masjid Jamik Sumenep akan Digelontor Rp 11 M

Disulap Seperti Masjid Nabawi, Masjid Jamik Sumenep akan Digelontor Rp 11 M Masjid Jamik Sumenep yang direncanakan akan dibangun payung elektrik.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Meskipun pengelolaan masjid Jamik Sumenep, Madura dikelola oleh Yayasan Panembahan Sumulo, namun upaya pemerintah daerah untuk mempercantik terus dilakukan.

Setelah membangun lahan parkir serta lampu hias beberapa tahun lalu, tahun ini Pemerintah Daerah kembali berencana membangun payung elektrik di depan masjid yang masuk salah satu cagar budaya itu.

Bahkan, untuk mensukseskan rencana itu, Pemerintah Daerah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 11 miliar. Anggaran itu dinilai cukup untuk membangun empat unit payung elektrik seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

"Kami sediakan Rp11 miliar untuk pembuatan payung elektrik. Payung elektrik ini menggunakan sistem mekanik nanti," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, Bambang Iriyanto, Minggu (19/3/2017).

Menurutnya, saat ini anggaran pembangunan empat unit payung elektrik telah memasuki proses tender, sehingga dipastikan tidak lama lagi pekerjaan akan dikerjakan. Pembangunan payung elektrik akan dilakukan dengan sistem multiyears.

"Diperkirakan pekerjaannya membutuhkan waktu dua tahun, sangat tidak mungkin bisa selesai dalam kurun satu tahun. Makanya proyek itu dimasukan kategori proyek jamak," ungkapnya.

Masjid Jamik Sumenep, dibangun pada pemerintahan Panembahan Somala, Penguasa Negeri Sungenep XXXI, atau pembanguman masjid Jamik dilakukan setelah pembangunan Kompleks Keraton, dengan arsitek yang sama yakni Lauw Piango. Menurut catatan, Pembangunan dimulai pada tahun 1779 Masehi dan selesai 1787 Masehi.

Dikatakan, pembangunan payung elektrik itu dilakukan guna untuk menambah kecantikan dan keelokan Masjid Agung yang memiliki nilai sejarah tinggi, dan Kota Sumenep pada umumnya. Ke depan kota Sumenep diharapkan bisa menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan lokal hingga mancanegara.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO