​Polisi Larang Warga Mainkan Dem Jedem

Polisi Larang Warga Mainkan Dem Jedem

PAMEKASAN (bangsaonline) - Banyaknya warga yang memainkan dem jedem (meriam , mainan yang mengeluarkan suara keras menyerupai mercon), khususnya di pusat-pusat keramaian, membuat Kapolres AKBP Nanang Chadarusman mengambil sikap tegas.

Sejak sebelum bulan puasa, kata AKBP Nanang, pihaknya telah menyosialisasikan di berbagai media, agar warga tidak bermain dem jedem. "Bunyi yang dikeluarkan mainan tradisional ini sangat mengganggu ketenangan warga lain," kata dia. “Termasuk sosialisasi di Radio. Kita himbau suapaya masyarakat tidak bermain dem jedem,”tambah dia.

Selain itu, pihaknya akan melakukan giat patroli di sejumlah titik khususnya di dalam kota untuk meminamilisar penggunaan dem jedem itu.”Kami juga aktif melakukan patroli untuk meminimalisir adanya dem jedem itu,” tuturnya.

Apabila ditemukan warga yang masih memainkan dem jedem, maka aparat kepolisian dari Polres akan melakukan penyitaan.

Memang, di bulan Ramadan ini, dem jedem mulai marak di . Tidak hanya di wilayah perkotaan, tetapi sudah menyebar ke berbagai wilayah lainnya.

Dem Jedem sendiri adalah sebuah meriam tradisional, di mana untuk menimbulkan ledakan, menggunakan spiritus sebagai 'bahan bakar' lalu dipantik dengan alat pematik dari korek api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO