Rekrutmen Tenaga Kerja Non-PNS Dinkes Tuban, Pelamar Kebanyakan dari Luar Daerah

Rekrutmen Tenaga Kerja Non-PNS Dinkes Tuban, Pelamar Kebanyakan dari Luar Daerah dr. Saiful Hadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Rekrutmen tenaga kerja non-PNS Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban diserbu para pencari kerja. Namun, berdasarkan data yang ada, pelamar didominasi dari luar daerah ketimbang dari Tuban sendiri.

Kepala Dinkes Kabupaten Tuban Saiful Hadi menjelaskan bahwa pelamar kerja berasal dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari luar Jawa, mulai dari Sumatera, Kalimantan, sampai Irian Jaya.

Dijelaskannya, untuk tenaga kerja yang diterima nanti bersifat kontrak. Sehingga tidak ada jaminan perpanjangan kontrak.

"Apabila kinerjanya dinilai baik baru diperpanjang tiap tahun. Kalau kinerjanya buruk ya tidak dilanjut," ungkapnya saat ditemui BANGSAONLINE.com di kantornya, Jum'at (24/2).

Adapun jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan hanya 7 orang. Namun pelamar mencapai sekitar 1.200 orang.

Sementara untuk menjaring pelamar tersebut, dilakukan 4 tahap seleksi, meliputi seleksi administrasi, uji kompetensi, psikologi, dan yang terakhir skoring. Tahap skoring ini meliputi magang kerja, kompetensi keahlian, dan domisili pelamar.

"Pelamar dari daerah Tuban tetap menjadi prioritas utama," ucap Saiful.

Sementara saat ini seleksi sudah masuk uji kompetensi dasar. Ada 176 pelamar yang lolos tahap ini dan akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. "Setelah dinyatakan lolos seleksi calon pekerja harus siap menandatangani kontrak kerja dan siap ditempatkan di puskesmas manapun di seluruh Kabupaten Tuban," pungkas Saiful. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO