Gandeng PWI Sidoarjo, Alfamart Bantu Korban Puting Beliung Krian

Gandeng PWI Sidoarjo, Alfamart Bantu Korban Puting Beliung Krian IKUT PEDULI: Alfamart dan PWI Sidoarjo saat menyerahkan bantuan untuk korban puting beliung di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jumat (17/2). foto: mustain/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga korban puting beliung di Desa Terungkulon Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jumat (17/2).

Deputy Branch Manager , Sugiharto Suwondo mengatakan, bantuan kemanusiaan ini sifatnya rutin diberikan untuk warga terdampak bencana alam khususnya di sekitar toko .

“Nilainya tidak besar, hanya puluhan juta untuk sekali kegiatan, namun sifatnya kontinyu. Bentuk bantuannya berupa beras, minyak goreng, dan mi instan," cetusnya usai menyerahkan bantuan yang diterima simbolis oleh Kades Terungkulon, Djoko Sarwono, di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon, Jumat (17/2).

Kata Sugiharto, penyaluran bantuan ini juga dilakukan di tahun-tahun sebelumnya di wilayah Sidoarjo yang terdampak bencana. "Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat meringankan beban kehidupan warga yang terkena bencana," beber Sugiharto Suwondo.

Dijelaskannya, aksi kemanusiaan ini menunjukkan bahwa perusahaan tak hanya mengeruk keuntungan dalam menjalankan bisnisnya. “Untuk bantuan semacam ini, murni kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sebab sumber pendanaan dari laba bersih perusahaan, bukan dari donasi konsumen. Biasanya dalam penyalurannya kami bekerja sama dengan organisasi di antaranya seperti PWI Sidoarjo ini,” tandasnya.

Untuk kegiatan CSR secara umum, lanjut Sugiharto, perusahaan menyalurkannya sesuai dengan prinsip 6 pilar yang dimiliki , yakni Care (bantuan kemanusiaan), Smart (bidang pendidikan), Sport (bidang olahraga), Clean and Green (bidang Lingkungan), Vaganza (bidang seni dan hiburan), serta SME’s (bidang UMKM).

“Ada yang berupa bantuan sifatnya filantropik seperti bantuan spontan untuk korban angin puting beliung ini, dan ada yang sifatnya berkesinambungan seperti pemberdayaan pedagang dan pemberian kurikulum pendidikan manajemen ritel modern untuk pelajar SMK,” jlentrehnya.

Sementara, Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, kegiatan ini digagas kedua belah pihak. "Kebetulan memiliki budget untuk kegiatan CSR dan di antaranya disalurkan untuk bidang kemanusiaan. Kebetulan hal ini juga sejalan dengan misi kami dari kalangan jurnalis," cetusnya saat ikut menyerahkan bantuan di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon.

Diketahui, angin puting beliung melanda Desa Terungkulon dan Keboharan Kecamatan Krian, Rabu (15/2) sore. Akibatnya, sekitar 470 rumah di dua desa tersebut mengalami kerusakan. Selain itu, empat warga terluka berat dan ringan akibat tertimpa reruntuhan rumah yang rusak imbas angin puting beliung tersebut. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO