Kamis, 09 Juli 2020 21:08

Gandeng PWI Sidoarjo, Alfamart Bantu Korban Puting Beliung Krian

Jumat, 17 Februari 2017 18:54 WIB
Gandeng PWI Sidoarjo, Alfamart Bantu Korban Puting Beliung Krian
IKUT PEDULI: Alfamart dan PWI Sidoarjo saat menyerahkan bantuan untuk korban puting beliung di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jumat (17/2). foto: mustain/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Alfamart menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga korban puting beliung di Desa Terungkulon Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jumat (17/2).

Deputy Branch Manager Alfamart, Sugiharto Suwondo mengatakan, bantuan kemanusiaan ini sifatnya rutin diberikan untuk warga terdampak bencana alam khususnya di sekitar toko Alfamart.

“Nilainya tidak besar, hanya puluhan juta untuk sekali kegiatan, namun sifatnya kontinyu. Bentuk bantuannya berupa beras, minyak goreng, dan mi instan," cetusnya usai menyerahkan bantuan yang diterima simbolis oleh Kades Terungkulon, Djoko Sarwono, di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon, Jumat (17/2).

Kata Sugiharto, penyaluran bantuan ini juga dilakukan di tahun-tahun sebelumnya di wilayah Sidoarjo yang terdampak bencana. "Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat meringankan beban kehidupan warga yang terkena bencana," beber Sugiharto Suwondo.

Dijelaskannya, aksi kemanusiaan ini menunjukkan bahwa perusahaan tak hanya mengeruk keuntungan dalam menjalankan bisnisnya. “Untuk bantuan semacam ini, murni kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sebab sumber pendanaan dari laba bersih perusahaan, bukan dari donasi konsumen. Biasanya dalam penyalurannya kami bekerja sama dengan organisasi di antaranya seperti PWI Sidoarjo ini,” tandasnya.

Untuk kegiatan CSR secara umum, lanjut Sugiharto, perusahaan menyalurkannya sesuai dengan prinsip 6 pilar yang dimiliki Alfamart, yakni Alfamart Care (bantuan kemanusiaan), Alfamart Smart (bidang pendidikan), Alfamart Sport (bidang olahraga), Alfamart Clean and Green (bidang Lingkungan), Alfamart Vaganza (bidang seni dan hiburan), serta Alfamart SME’s (bidang UMKM).

“Ada yang berupa bantuan sifatnya filantropik seperti bantuan spontan untuk korban angin puting beliung ini, dan ada yang sifatnya berkesinambungan seperti pemberdayaan pedagang dan pemberian kurikulum pendidikan manajemen ritel modern untuk pelajar SMK,” jlentrehnya.

Sementara, Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, kegiatan ini digagas kedua belah pihak. "Kebetulan Alfamart memiliki budget untuk kegiatan CSR dan di antaranya disalurkan untuk bidang kemanusiaan. Kebetulan hal ini juga sejalan dengan misi kami dari kalangan jurnalis," cetusnya saat ikut menyerahkan bantuan di Posko Bencana Balai Desa Terungkulon.

Diketahui, angin puting beliung melanda Desa Terungkulon dan Keboharan Kecamatan Krian, Rabu (15/2) sore. Akibatnya, sekitar 470 rumah di dua desa tersebut mengalami kerusakan. Selain itu, empat warga terluka berat dan ringan akibat tertimpa reruntuhan rumah yang rusak imbas angin puting beliung tersebut. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...