Senin, 30 Maret 2020 10:48

Tahun ini Dispora Fokus Selesaikan Sirkuit di GBT dan Lintasan Atletik Thor

Senin, 06 Februari 2017 18:23 WIB
Tahun ini Dispora Fokus Selesaikan Sirkuit di GBT dan Lintasan Atletik Thor

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) fokus melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana di tahun 2017 ini. Ada dua sarana dan prasarana yang proyeksi kelanjutan pembangunannya ditarget selesai tahun ini. Yakni sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) dan lapangan atletik Thor di belakang Gelora Pancasila.

Kepala Dispora Kota Surabaya, M Afgany Wardhana mengatakan, pihaknya memang fokus untuk menghidupkan kawasan GBT. Bila pada tahun 2016 lalu, lintasan jalur lurus drag race sudah selesai, maka tahun ini fokus pengerjaan sirkuit. Untuk sirkuit di GBT, pengerjaannya akan diawali dari sisi selatan. Dia berharap, pengerjaan sirkuit tersebut sudah selesai sebelum akhir tahun.

“Untuk drag race sudah selesai, tinggal sirkuitnya. Kami mulai dari sisi selatan dulu. Diperkirakan sirkuit ini sembilan bulan selesai,” ujar Afghany ketika jumpa pers di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Senin (6/2/2017).

Untuk pemanfaatan lintasan drag race, Afghany menyatakan bahwa izin pemakaian akan turun bila yang mengajukan izin memang memiliki peralatan untuk membalap. Selain itu, Dispora juga menggandeng IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai organisasi yang menaungi olahraga ini.

“Kalau peralatan sudah memenuhi syarat standar, kami bisa memberi izin latihan. Sebab, meskipun hanya latihan, kami juga mempertimbangkan unsur keamanan baik bagi penonton dan juga pembalapnya,” ujarnya.

Dia optimistis, keberadaan drag race dan sirkuit yang tengah dibangun, nantinya akan mampu mengurangi aksi kebut-kebutan di jalanan. Afghany meyakini, dengan disediakan fasilitas berupa lintasan, anak-anak muda yang suka membalap, akan tertarik untuk ikut latihan di jalur resmi. Sehingga, akan mengurangi aksi kebut-kebutan di jalanan.

Selama ini, bila ada razia kebut-kebutan motor, Dispora bersama Satpol PP Kota Surabaya telah melakukan pendekatan sekaligus arahan kepada anak-anak muda tersebut.

“Kalau ada warga masyarakat yang punya bakat di bidang otomotif dan ingin berlatih di lintasan GBT, dengan senang hati kami fasilitasi. Apalagi, ini masih gratis karena belum ada Perda-nya. Kalau ada Perda-nya tentu akan ada retribusi,” sambung dia.

Sementara untuk lintasan atletik lapangan Thor yang membutuhkan anggara dana sekitar Rp 20 miliar, Afghany menyebut sudah dilelang. Untuk pembangunan lintasan atletik ini, ada perubahan pola dari gravel menjadi sintetis. “Di bawahnya ada aspal korosi dan sanitary landfield sehingga air akan turun langsung ke bawah. Tidak sampai ada genangan,” ujarnya.

Dia berharap, pengerjaannya sudah bisa diselesaikan tahun ini. “Kami berharap bisa diselesaikan tahun ini sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat, bisa dioptimalkan untuk olahraga atletik,” sambung mantan Sekwan DPRD Surabaya ini.

Kasi Sarana Dispora, Bambang Wijanarko menambahkan, untuk pembangunan sirkuit yang dimulai di sisi selatan, dilakukan pengurukan awal (land stone) di bawah urukan sirtu yang tahan air asin. Pembangunan sirkuit ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 28 miliar.

“Kami fokus pada settlemen lahan sampai posisi tanah sudah padat. Nanti ada tes kualitas tanah oleh tim dari ITS. Dan ini aman dari banjir,” ujarnya.

Di luar itu, Dispora juga masih fokus membangun lapangan yang tersebar di kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW. Hingga kini, total sudah ada 362 lapangan olahraga yang tersebar. Seperti lapangan futsal, sepak bola, bola voli, tenis dan lain-lain. Pembangunan lapangan tersebut berasal dari masukan dan usulan masyarakat melalui e-Musrenbang dan juga usulan warga ke wali kota.

“Dan ibu wali kota memang concern mengenai pembangunan lapangan olahraga ini. Selain ada taman, juga diiringi pembangunan lapangan olahraga karena di taman menjadi tempat berkumpulnya remaja,” imbuh dia. (yul/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...