2017, Dispertankan Bondowoso Maksimalkan Pertanian Organik dan PPL

2017, Dispertankan Bondowoso Maksimalkan Pertanian Organik dan PPL

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.co m- Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertankan) Kabupaten Bondowoso tahun 2017, berencana akan melakukan optimalisasi program kerakyatan, sehingga APBD benar-benar pro rakyat.

Kepala Dispertankan Ir H. Munandar mengatakan bahwa program-program yang telah digagas oleh kepala Dinas sebelumnya akan dimaksimalkan, termasuk program unggulan yang menjadi andalan Bupati Bondowoso, yakni Pertanian Organik (Botanik).

BACA JUGA:

“Kita juga akan melanjutkan program yang sudah berjalan, seperti hortikultura organik,” ujar Munandar kemarin saat ditemui di kantornya.

Namun, menurutnya program tersebut harus didukung oleh prasarana dan sarana lainnya, seperti peralatan pertanian dan pembangunan fisik yang berhubungan dengan pertanian, termasuk mengembangkan produksi padi oragnik dan nonorganik.

“Ini tentu merupakan program prioritas yang akan dimaksimalkan oleh Dispertankan, karena ini akan menunjang peningkatan program swasembada pangan secara Nasional,” imbuhnya.

Sementara untuk program peternakan, ia mengatakan akan mengoptimalkan peran petugas penyuluh lapangan (PPL). Sebab menurutnya, PPL mempunyai peran penting dalam meningkatkan hasil petani ternak, dan pengembangan budidaya ternak, seperti sapi, kambing dan ternak jenis unggas.

"PPL sebagai pendamping masyarakat dapat memberikan pengetahuan agar masyarakat menjadi petani dan peternak yang lebih baik, sehingga tujuan pemerintah untuk memerangi kemiskinan tercapai," tegasnya.

Untuk itu, ia meminta dukungan masyarakat. Sebab, tanpa dukungan dari masyarakat upaya dari Pemerintah tidak akan maksimal.

“Mudah-mudahan upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat lewat pertanian dan peternakan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya di bidang pertaniannya,” pungkasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO