Lestarikan Bahasa Jawa, Pemdes Jatiguwi Dirikan Sekolah Pranotocoro

Lestarikan Bahasa Jawa, Pemdes Jatiguwi Dirikan Sekolah Pranotocoro Kepala Desa Jatiguwi, Enggar Sri Wahyuningtyas. foto: AHMAD SYAIFUDIN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Semakin lunturnya Jawa, terutama penggunaan bahasa Jawa, karena terkikis dari luar membuat Pemerintahan Desa (Pemdes) Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, prihatin.

Diungkapkan Kepala Desa Jatiguwi, Enggar Sri Wahyuningtyas, saat ini bahasa Jawa semakin terpuruk dan dianggap mulai punah keberadaannya. "Padahal masyarakat Jawa memiliki tradisi, filosofi, cara berbusana sendiri, maupun makanan sendiri, kata dia," kata dia saat ditemui di kantornya, kemarin (20/1/17).

Untuk itu, demi mempertahankan bahasa Jawa yang sudah mulai ditinggalkan generasi muda, pihaknya membuat terobosan dengan mendirikan sekolah bahasa Jawa yang diberi nama sekolah Pranotocoro.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 2014 silam ini membuka kelas setiap Sabtu sore hari dengan peserta dari berbagai usia, dari yang muda hingga yang berusia 80 tahun, juga ada.

"Sekolah bahasa Jawa ini satu-satunya di Kabupaten Malang," kata Enggar.

Dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Malang agar lebih memperhatikan lagi berbahasa Jawa. "Sehingga di kemudian hari kita tidak merugi. Apalagi jika tersebut diklaim oleh bangsa lain," cetusnya

"Mempertahankan kelestarian bahasa Jawa merupakan tanggung jawab kita semua," pungkasnya. (din/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO