Pergunu Jombang Gelar Bedah Buku Khazanah Aswaja

Pergunu Jombang Gelar Bedah Buku Khazanah Aswaja KH Abdurrahman Navis (tengah) saat acara bedah buku Khazanah Aswaja di Aula kantor Muslimat NU Jombang, Minggu (15/1). foto: ROMZA/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Persatuan Guru Nahadlatul Ulama (Pergunu) Jombang menggelar Bedah Buku Khazanah Aswaja di Aula Kantor PC Muslimat NU kota setempat, Minggu (15/1). Dalam acara yang dibuka Wakil Bupati Jombang, Mundjidah Wahab itu, hadir sebagai narasumber yakni tim penulis buku Khazanah Aswaja, KH Abdurrahman Navis. Sedangkan sang moderator, tak lain Direktur Aswaja Center NU Jombang, Yusuf Suharto.

“Sekarang banyak paham radikal yang harus kita bentengi, kita perlu penguatan tentang ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah,” ujar Wabup Jombang, Mundjidah mengingatkan banyakya paham radikal saat ini.

Pagelaran ilmiah yang mengangkat tema ‘Penguatan Pemahaman Islam Rahmatan Lil Alamin’ itu juga dihadiri Ketua Tanfidiyah PCNU Jombang, KH Isrofil Amar. Dalam sambutannya sebelum bedah buku, KH Isrofil mengapresiasi kegiatan tersebut. "Mudah-mudahan bisa kita pahami dan amalkan bersama, dengan pengamalan Aswaja akan terciptanya kehidupan yang tentram," kata KH Isrofil.

Saat memaparkan seputar buku yang akan dibedah, salah satu tim penulis, Yusuf Suharto yang juga moderator acara mengatakan, sebelum terbitnya buku Khazanah Aswaja, awalnya sudah ada buku Risalah Aswaja. "Bedanya, kalu buku Risalah Aswaja pengantarnya yaitu Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Miftahul Akhyar, sedangkan buku Khazanah Aswaja pengantarnya Rais Am PBNU, KH Ma’ruf Amin," ungkap dia.

Sementara KH Abdurrahman Navis, secara rinci menjelaskan tentang bagaimana awal mula lahirnya Aswaja. “Aswaja sudah ada sejak zaman Rasulullah, namun penamaannya sejak abad ke Tiga Hijriyah oleh Abu Hasan Al Asy’ari,” terang kiai yang juga Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur ini.

Menurut kiai karismatik ini, Jombang adalah markasnya Aswaja. “Sebenarnya kalau kita berbicara Aswaja, markasnya itu di Jombang,” singkatnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO