Selasa, 28 Februari 2017 05:40

Madura Diguncang Gempa 3,5 SR, BMKG Imbau Warga Tenang

Sabtu, 07 Januari 2017 17:32 WIB
Madura Diguncang Gempa 3,5 SR, BMKG Imbau Warga Tenang

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Gempa bumi mengguncang Pulau Madura, Sabtu (7/1/2017). Gempa terjadi pada pukul 04:26:31 WIB. Analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik itu 3.3 SR (Skala Richter) dengan episenter pada koordinat 6.98 LS dan 113.58 BT, tepatnya di darat pada jarak 20 Km arah Timur Laut Pamekasan dengan kedalaman 14 km.

Anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menjelaskan, gempa tektonik itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Meski Pulau madura dikelilingi lautan, namun gempa tektonik itu tidak berpotensi tsunami," jelasnya, Sabtu (7/1).

Menurut Budi, berdasarkan shake map atau peta guncangan BMKG dan laporan dari Kantor BPBD Pamekasan, dampak gempa ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas gempa bumi BMKG atau II MMI di wilayah Pamekasan bagian utara.

"Kawan-kawan di Desa Dempo, Desa Sana Laok, Desa Tengah, Desa Sana Daja, Kecamatan Waru, mengaku merasakan goncangan akibat gempa Sabtu dini hari tadi namun tidak menimbulkan kerusakan bangunan," ujar Budi.

Sementara ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Terkait dengan peristiwa gempa dini hari tadi, kami belum mendapat laporan adanya gempa susulan.

"Kami meminta masyarakat Madura, khususnya Pamekasan tetap tenang dan tidak terpancing dengan informasi menyesatkan," imbau Budi yang mengaku mendapat laporan terkait gempa di Madura dari Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, DR. I Nyoman Sukanta. (err/rev)

tag :
  • pamekasan
  • gempa-madura
  • gempa-pamekasan
Sabtu, 25 Februari 2017 23:33 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   BANGSAONLINE.com - Man kafara biallaahi min ba’di iimaanihi illaa man ukriha waqalbuhu muthma-innun bial-iimaani walaakin man syaraha bialkufri shadran fa’alayhim ghadhabun mina allaahi walahum...
Minggu, 26 Februari 2017 11:42 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 23 Februari 2017 16:59 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Arumi Bachsin, artis sinetron dan film nasional, kini namanya dipatenkan dalam sebuah produk kerajinan batik Trenggalek. Pemberian nama batik Arumi sengaja dipilih oleh Pemkab Trenggalek untuk mendongkrak usah...