Besok, 6000 Santri Jombang Akan Pecahkan Rekor MURI, Makan Ikan Bersama Disaksikan Menteri Susi

Besok, 6000 Santri Jombang Akan Pecahkan Rekor MURI, Makan Ikan Bersama Disaksikan Menteri Susi

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Sekitar 6.000 santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Jombang yang dipelopori Ponpes akan memecahkan rekor MURI (museum rekor indonesia) makan ikan bersama di Kawasan Parkir makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Jumat (18/11). Pemecahan rekor MURI ini dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Pemecahan rekor dengan aksi makan ikan makarel secara serentak itu dijadwalkan akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Selain menyaksikan aksi makan ikan serentak, Bu Susi juga akan menyerahkan bantuan ikan segar beku kepada masyarakat. Bantuan tersebut secara simbolis akan diserahkan kepada Pengasuh Pesantren KH Salahuddin Wahid," ujar Sekretaris Utama Pesantren Abdul Ghofar.

Aksi pemecahan rekor ini diharapkan menjadi bagian upaya meningkatkan peran santri dalam pembangunan kelautan dan perikanan. Pasalnya, sebagai negara maritim, tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia tergolong rendah.

Mengutip data Kementerian Kelautan dan Perikanan, pria yang akrab dipanggil Gus Ghofar ini menyatakan bahwa konsumsi ikan masyarakat Indonesia hanya 41,11 kg per kapita per tahun pada 2015. Angka ini masih kalah jika dibandingkan konsumsi masyarakat Malaysia yang mencapai 70 kg per kapita per tahun.

"Jika dibandingkan dengan kebiasaan warga Jepang yang makan ikan 110 kg per kapita setiap tahun, kondisi kita jauh lebih tertinggal lagi," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO