152 Desa di Trenggalek Bakal Dibantu Ambulans Roda Tiga

152 Desa di Trenggalek Bakal Dibantu Ambulans Roda Tiga Ambulans roda tiga saat test drive di jalur terjal desa Sumberdadi kec. Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam waktu dekat ini seluruh kantor desa di kabupaten Trenggalek bakal menerima bantuan ambulans roda tiga dari pemerintah kabupaten Trenggalek.

Pernyataan ini disampaikan wakil Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin usai melakukan uji coba ambulan roda tiga melintas jalur terjal yang menghubungkan dua desa yakni Sumberdadi dan Ngares, Sabtu (5/11) kemarin.

"Ke depan kita akan berikan ambulans pada 152 desa yang ada di kabupaten Trenggalek. Rencananya ambulans tersebut akan standby di tiap balai desa," kata Arifin

Menurut Arifin, bantuan ambulans ini dimaksudkan untuk mengangkut pasien yang rumahnya tidak mungkin bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. "Jadi ambulan ini nanti berfungsi untuk mengambil orang sakit yang rumahnya sulit ditempuh oleh kendaraan roda empat. Misalkan di jalan lingkungan atau jalur sempit, dengan begitu orang yang sakit ini tak perlu ditandu atau dibonceng dengan sepeda motor. Cukup dengan ambulans roda tiga sudah bisa mengatasi," terangnya.

Masih menurut Arifin, selain menempatkan ambulans roda tiga di balai desa, ia juga akan menempatkan satu petugas medis. Tujuannya agar layanan kesehatan yang dibutuhkan warga cepat teratasi.

Arifin mewanti-wanti pada pihak penerima bantuan ambulance roda tiga, terutama pihak balai desa, agar nantinya ambulans roda tiga ini dipergunakan sesuai fungsinya. "Saya sangat melarang penggunaan ambulans roda tiga ini untuk kepentingan yang lain. Ambulans ini khusus untuk layanan kesehatan bagi warga," tegasnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO