Senin, 06 Juli 2020 02:33

Disidak KLH, Pelaku Tambang Ilegal di Situbondo Bersikap Arogan

Minggu, 30 Oktober 2016 23:04 WIB
Disidak KLH, Pelaku Tambang Ilegal di Situbondo Bersikap Arogan
Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo. foto: BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Situbondo diam-diam menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah lokasi pertambangan di Situbondo.

Dalam sidak tersebut selain memberikan peringatan, petugas dari KLH juga melakukan pembinaan terhadap sejumlah penambang yang tidak mempunyai izin resmi dari kantor Energi Sumber Daya Alam dan Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur.

Ironisnya, saat melakukan sidak pada salah satu pertambangan yang berlokasi di jalan tembus Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, petugas KLH mendapat tindak arogansi dari oknum pertambangan yang diduga tidak mengantongi izin resmi.

Aksi arogansi dari oknum tersebut sangat disayangkan oleh Kepala KLH Situbondo, Kholil. Bahkan dengan adanya kejadian tersebut maka pihaknya akan melayangkan somasi kepada pengusaha tambang.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Situbondo, Kholil, S.P, M.P mengatakan, bahwa tindakan arogansi yang dilakukan oleh oknum di lokasi pertambangan Desa Kotakan itu seharusnya tidak perlu terjadi. Sebab petugas sidak hanya akan melakukan monitoring dan memberi pembinaan, agar pelaku tambang ilegal segera mengurus izin pertambangan yang resmi. Bukan itu saja, izin UKL dan UPL juga harus dikantongi oleh pelaku tambang.

“Kami akan memberikan somasi terkait tindak arogansi yang dilakukan oleh oknum penambang di Kotakan. Seharusnya itu tidak terjadi, masak petugas ditarik-tarik dengan kasar. Soalnya tambang tersebut tidak ada izinnya, apalagi izin UPL dan UKL jelas tidak ada. Sidak itu hanya untuk memberi pembinaan, agar segera mengurus izin resmi. Bukan perlawanan seperti itu,” ujar mantan Kabid Dinas Kelautan dan Perikanan, Minggu (30/10).

Pria yang juga menjabat Kordinator Bidang Ekonomi di GP Ansor Situbondo ini menambahkan, bahwa tidak hanya pertambangan yang ada di dalam kota saja yang dilakukan sidak, melainkan juga semua pertambangan yang beraktivitas di Situbondo akan disidak oleh petugas KLH.

“Dalam waktu dekat, semua aktivitas pertambangan dari ujung timur Situbondo, yaitu di Kecamatan Banyuputih sampai Kecamatan Banyuglugur yang paling barat akan kami sidak,” pungkasnya.(stb1/had/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...