'Kapal Hantu' Abad Pertengahan Ditemukan di Laut Hitam

penjelajahan alam bawah laut. foto: repro mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com - Arkeolog percaya ada 'zona mati' di dasar laut hitam, yang mana puluhan kapal teronggok, sejak periode Ottoman dan Bizantium.

Akhirnya, pembuktian pun dilakukan. Para ilmuwan telah menemukan sebuah kuburan kapal karam di kedalaman Laut Hitam memegang puluhan kapal dari Ottoman dan periode Bizantium. Dan ‘zona mati’ itu memang benar adanya.

Para ilmuwan menggunakan peralatan bawah air berteknologi tinggi untuk menjelajahi perairan 1.800 meter di bawah permukaan Laut Hitam. Ilmuwan menggunakan Remotely Operated Vehicles untuk menjelajahi perairan 1.800 meter di bawah tingkat permukaan

Misi, yang dikenal sebagai Black Sea Maritime Archaeology Project (Black Sea MAP), dipimpin oleh Pusat Maritime Archaeology Southampton University.

Profesor Jon Adams, ketua tim, mengatakan: "Bangkai ini adalah bonus, dan merupakan penemuan menarik. Tujuan kami adalah survei geofisika. Kami terkejut. Karena kapal ini awet karena kondisi anoxic (tanpa adanya oksigen) di Laut Hitam, di bawah 150 meter.”

“Menggunakan teknik rekaman 3D terbaru untuk struktur bawah air, kita sudah bisa menangkap beberapa gambar yang menakjubkan tanpa mengganggu dasar laut.”

Sumber: mirror.co.uk

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO