Kokaro, Komunitas Robot Sidoarjo yang Bermunculan di Indonesia

Kokaro, Komunitas Robot Sidoarjo yang Bermunculan di Indonesia anggota komunitas Kokaro, tak melihat batasan usia. foto; rizky alfian/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komunitas Kampung Robot (Kokaro) berawal dari Kota Sidoarjo. Kini, komunitas serupa bermunculan di kota-kota lain seluruh Indonesia.

“Saat ini kami ingin memperluas layanan edukasi dan pemesanan rakitan robot ke seluruh Indonesia,” ujar Yudanarko, sang pendiri komunitas ini, saat ditemui di rumahnya, Kamis (13/10) pagi.

Dirinya berharap dengan adanya kokaro ini, dunia robotika di Indonesia bisa semakin berkembang melebihi negara lainnya, khususnya Jepang dan China.

Saat ini kokaro sudah tersebar di sebagian besar Pulau Jawa, dan Sidoarjo sebagai pusatnya. Sedangkan di luar pulau Jawa juga sudah terbentuk seperti Makasar, Tenggarong, dan Medan.

“Baru ini, Kota Kediri juga sudah mendirikan kokaro, setelah mengadakan acara workshop. Dan akhir bulan ini, giliran Kota Probolinggo juga akan membentuk komunitas robot. Di sana sudah ada orang atau guru yang sudah siap untuk melatih anak-anak, jadi mau dibuka sekalian,” jelas dia.

Yudanarko, pendiri komunitas robot.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO