Telan Anggaran Rp 10 M, Dewan Desak Proyek Jalan Lirkar Herlingga Selesai Tepat Waktu

Telan Anggaran Rp 10 M, Dewan Desak Proyek Jalan Lirkar Herlingga Selesai Tepat Waktu Jalan lingkar Herlingga yang penyelesaianya baru 70 persen.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Proyek jalan lingkar Herlingga yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Kota Blitar ditargetkan harus segera selesai akhir tahun ini.

Hal itu ditegaskan kalangan DPRD Kota Blitar. Ketua Komisi III, Agus Zunaidi mengatakan pembangunan jalan lingkar Herlingga Kota Blitar yang diketahui menggunakan anggaran sebesar Rp10 miliar harus selesai tepat waktu agar tidak menjadi permasalahan serius dikemudian hari. Menurutnya, sesuai target pembangunan jalan lingkar Herlingga memang sudah harus selesai maksimal akhir tahun 2016. "Memang harus segera diselesaikan, bahkan kalau bisa tidak sampai akhir tahun sudah selesai," ungkapnya, Rabu (12/10).

Agus mengaku, Komisi III akan segera memanggil Dinas PU dan perumahan Kota Blitar, untuk menanyakan sejauh mana progress pembangunan jalan lingkar yang menelan anggaran sangat besar itu.

“Ini untuk memastikan apakah dalam proses pembangunannya sudah benar-benar sesuai aturan atau tidak. Yang dikhawatirkan jika tidak sesuai aturan malah berpotensi membahayakan warga dan pengguna jalan serta merugikan anggaran Kota Blitar,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga dan Perumahan Kota Blitar, Hermansyah Permadi mengatakan, saat ini progres pembangunan jalan lingkar Herlingga sudah mencapai 70 persen. Ia optimis jalan lingkar Herlingga tersebut segera selesai dan bisa dioperasikan secepatnya. "Target kita sebelum akhir tahun sudah selesai dan sudah bisa beroperasi," jelasnya.

Ia menjelaskan selain memastikan agar proyek jalan lingkar Herlingga segera selesai. Saat ini pihaknya juga sudah melakukan tahapan koordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan. Untuk penataan arus lalu lintas.

"Kita koordinasi dengan kepolisian maupun Dishub terkait penataan arus lalin saat jalan lingkar Herlingga dioperasikan, jadi nanti begitu pembangunan selesai langsung dioperasikan," imbuhnya.

Hermansyah Permadi juga menyebutkan pihaknya saat ini terus mengawasi rekanan yang mengerjakan jalan lingkar Herlingga tersebut dan mengingatkan agar proyek itu segera diselesaikan maksimal akhir tahun 2016 ini. Pasalnya pembangunan jalan lingkar Herlingga tersebut menggunakan anggaran yang cukup besar yang bersumber darj APBD kota Blitar. Sehingga harus dipastikan proses pengerjaannya benar-benar sesuai dengan anggaran yang disediakan. "Anggaran yang kita gelontorkan tidak main-main, jadi hasilnya juga harus maksimal," tuturnya. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO